Sumur Resapan Cipinang Indah Mampu Percepat Genangan di Jalan

ADVERTISEMENT

detikcom Do Your Magic

Sumur Resapan Cipinang Indah Mampu Percepat Genangan di Jalan

Marteen Ronaldo - detikNews
Rabu, 09 Feb 2022 11:33 WIB
Sumur resapan di Cipinang Indah, Jakarta Timur.
Foto: Marteen Ronaldo/detikcom
Jakarta -

Proyek sumur resapan yang berada di Cipinang Indah, tepatnya dekat SMA Penabur, Jakarta Timur telah selesai dibuat beberapa waktu lalu. Disebut warga, sumur resapan itu mampu mempercepat genangan di jalan.

Pantauan di lokasi, Rabu (9/2/2022) lalu, lintas di lokasi terpantau ramai dan lancar. Sumur resapan tidak mengganggu laju kendaraan.

Anwar, salah seorang tukang pangkalan ojek di sekitar lokasi, mengatakan, setelah adanya sumur resapan, genangan air sangat begitu cepat masuk ke bawah.

"Langsung diserap ke bawah, dan sekarang nyatanya tidak ada lagi genangan yang kita lihat kan. Artinya, sumur resapan sampai saat ini masih berfungsi," katanya saat ditemui oleh detikcom.

Ia pun mengatakan, sebelumnya, genangan banjir sering terjadi di kawasan tersebut. Genangan tersebut menjadi biang kerok terhambatnya kegiatan masyarakat.

"Kalau sekarang sudah tidak ada lagi, jadi otomatis kegiatan kita tidak terputus karena banjir, ya terima kasih lah kita bilangnya buat Pak Anies (Gubernur DKI Jakarta) yang sudah buat sumur resapan," terangnya.

Kemudian, warga lainnya, Sutrisno mengatakan sumur resapan mempercepat surut genangan.

"Kalau sekarang sudah sangat amat baik sekali, tidak ada banjir apalagi genangan. Kayak kemarin itu hujan di sini udah tidak banjir lagi, sebelum-sebelumnya hujan dikit aja ini udah ada genangan," paparnya.

Dia pun berharap masyarakat serta pengendara roda dua dan empat dapat melakukan pemeliharaan terhadap sumur resapan yang telah dibangun dengan tidak membuang sampah dengan sembarangan.

"Harapannya karena sudah dibangun sumur resapan juga, ya kita kepengennya bisa dirawat bersama-sama gitu, biar nggak ada genangan lagi," jelasnya.

Seperti diketahui, sumur resapan di Cipinang Indah sempat dilaporkan rusak pada 8 Desember 2022. Kondisi sumur yang amblas disebut membahayakan pengendara.

Lalu, pada 27 Desember 2021, sumur resapan sudah selesai diperbaiki. Keberadaan sumur resapan tak lagi jadi halangan pengendara.

Lihat juga video 'Pakar Tata Kota Trisakti: Sumur Resapan Tak Efektif Atasi Banjir DKI':

[Gambas:Video 20detik]



(aik/aik)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT