Scan QR PeduliLindungi Tanpa Koneksi Internet, Ini Caranya

Anisa Hafifah - detikNews
Senin, 07 Feb 2022 12:18 WIB
Scan QR PeduliLindungi Tanpa Koneksi Internet, Ini Caranya
Scan QR PeduliLindungi Tanpa Koneksi Internet, Ini Caranya (Foto: Dok.detikcom)
Jakarta -

Scan QR PeduliLindungi kini menambahkan fitur terbaru dengan nama offline check in. Fitur ini bakal memungkinkan pengguna aplikasi PeduliLindungi dapat melakukan scanning barcode tanpa terkoneksi dengan internet.

Sebelumnya, untuk melakukan scan QR PeduliLindungi, ponsel pengguna diharuskan terhubung dengan internet. Namun, dengan adanya fitur offline check in, akan memudahkan kamu untuk melakukan scanning barcode tanpa khawatir meski tak punya kuota internet.

Lalu bagaimana cara scan QR PeduliLindungi tanpa terkoneksi internet? Simak caranya berikut ini.

Cara Scan QR PeduliLindungi Tanpa Koneksi Internet

Dilansir dari laman Instagram @Kemenkominfo, disebutkan bahwa fitur offline check in baru dapat dipakai oleh pengguna PeduliLindungi setelah melakukan pembaruan (upgrade) aplikasi. Melalui pemakaian fitur terbaru tersebut, saat ini untuk check in dengan PeduliLindungi di ruang publik, gedung perkantoran, atau di mana saja akan semakin mudah.

"Segera lakukan upgrade aplikasi PeduliLindungi untuk bisa menggunakan fitur ini," tulis akun @Kemenkominfo, Kamis (13/1/2022).

Berikut cara scan QR PeduliLindungi tanpa koneksi internet:

  1. Aktifkan airplane mode di ponsel dengan mengetuk ikon pesawat yang berada di pusat pengaturan untuk mematikan koneksi internet yang ada di ponsel.
  2. Buka aplikasi PeduliLindungi yang sudah terdownload, pastikan bahwa pengguna telah login dengan menggunakan akun yang telah terdaftar.
  3. Pada halaman awal, klik "Scan Code QR".
  4. Setelah kamera terbuka, arahkan kamera ke kode QR yang biasanya terpasang di tempat umum.
  5. Setelah selesai memindai, klik "Check-in".
  6. Jika check in berhasil, nantinya akan muncul notifikasi tambahan "Perangkat Anda tidak terkoneksi ke dalam jaringan" yang berada di bawah status check in.
  7. Selain itu, ada keterangan tambahan yang menyebut bahwa hasil offline check-in itu diperoleh berdasarkan informasi status vaksinasi terbaru milik pengguna di aplikasi PeduliLindungi.

Scan QR PeduliLindungi, Berikut Kenali 4 Warna Status Vaksinasi Covid-19

Cara scan QR PeduliLindungi tanpa koneksi internet sudah diketahui, kini ketahui pula informasi mengenai status vaksinasi yang keluar setelah selesai memindai QR Code di PeduliLindungi. Melansir dari situs Indonesia.go.id, disebutkan ada empat parameter warna yang menunjukkan status vaksinasi seseorang saat melakukan check in saat memakai fitur QR Code di PeduliLindungi.

Berikut warna-warna yang menunjukkan status vaksinasi, di antaranya:

  1. Warna hitam, di mana pengunjung terdata sebagai pasien terkonfirmasi positif Covid-19 atau memiliki riwayat kontak erat dengan pasien Covid-19. Pengunjung kategori warna hitam ini tidak diizinkan untuk masuk ke tempat umum.
  2. Warna merah, yang berarti pengunjung belum menerima vaksin Covid-19 atau bisa juga memiliki kontak erat dengan pasien Covid-19. Seperti halnya pengunjung berkategori warna hitam, mereka yang masuk kriteria merah juga tidak bisa masuk ke tempat-tempat umum.
  3. Warna kuning/oranye adalah kategori warna diberikan kepada pengunjung yang telah menerima vaksin Covid-19 dosis pertama. Pengunjung boleh masuk ke tempat umum setelah petugas melakukan verifikasi lebih lanjut.
  4. Warna hijau merupakan kategori bagi pengunjung atau masyarakat yang memasuki tempat-tempat umum dengan kategori telah menerima vaksin Covid-19 dosis lengkap. Ia juga memiliki status aman dan diperbolehkan untuk memasuki tempat-tempat umum.
(izt/imk)