Duet Ganjar-Puan Mengemuka Lewat Kibaran Bendera Merah

Tim detikcom - detikNews
Senin, 07 Feb 2022 06:23 WIB
Puan Maharani dan Ganjar Pranowo
Foto: Puan Maharani dan Ganjar Pranowo
Jakarta -

Bendera dengan warna dasar merah menampilkan Ganjar Pranowo dan Puan maharani berkibar di Surabaya. Bendera berfoto kedua elite PDIP itu dipasang oleh DPD Laskar Ganjar Puan (LGP) Jawa Timur.

"Betul, itu memang suara relawan yang menginginkan Pak Ganjar dan Mbak Puan maju dalam Pilpres 2024," kata kata Ketua DPD LGP Jatim, Saleh Ismail Mukadar, Sabtu (5/2).

Bendara Ganjar-Puan yang berkibar itu berukuran 50 x 40 cm. Bendera merah itu banyak ditemukan di flyover Pasar Kembang hingga kawasan Jembatan Merah Plaza.

Saleh membeberkan alasan LGP Jatim, yang mayoritasnya diklaim sebagai kader PDIP, mendukung Ganjar-Puan. Salah satunya agar tak terjadi gesekan.

"Mayoritas kader ini dari PDIP memang, namun ini nonpartai. Memang ini juga suara rakyat, ini nonstruktural partai. Saya ini PDIP, kita senior kita nggak mau partai kita benturan di bawah. Ketika pendukung Pak Ganjar dan Mbak Puan ada gesekan kita gak mau, kita tampilkan gagasan ini untuk menghindari gesekan di bawah," kata Saleh di Gedung Internatio, Taman Jayengrono, Surabaya, kemarin.

Mungkinkah Didukung PDIP?

Lalu, mungkinkan PDIP akan mengusung kedua nama itu pada Pilpres 2024?

Founder lembaga survei KedaiKOPI Hendri Satrio menilai bendera bergambar Ganjar-Puan di Surabaya adalah jawaban atas kekhawatiran bahwa internal PDIP pecah. Ganjar dan Puan diketahui sama-sama digadang bakal maju di Pilpres 2024.

"Bendera Ganjar-Puan ini, menurut saya, adalah jawaban dari kekhawatiran kader PDI Perjuangan akan perpecahan internal, gara-gara promosi yang dilakukan oleh kubu pendukung Mbak Puan dan kubu pendukung Mas Ganjar sebagai calon presiden di 2024," kata Hendri Satrio kepada wartawan, Minggu (6/2).

Simak juga video 'Ganjar atau Puan, PDIP: Bu Mega Tahu Kriteria yang Dapat Pimpin Bangsa':

[Gambas:Video 20detik]



Simak selengkapnya di halaman berikut