Menkes: Corona Tangerang-Bekasi Lampaui Puncak Delta, DKI-Bali Very Soon

ADVERTISEMENT

Menkes: Corona Tangerang-Bekasi Lampaui Puncak Delta, DKI-Bali Very Soon

Wilda Hayatun Nufus - detikNews
Minggu, 06 Feb 2022 13:14 WIB
Menkes Budi Gunadi Sadikin
Menkes Budi Gunadi (Rusman/Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Angka penularan COVID-19 di Tangerang dan Bekasi berdasarkan data Kementerian Kesehatan (Kemenkes) telah melampaui puncak kasus varian Delta pada tahun lalu. Wilayah DKI Jakarta dan Pulau Bali disebut akan mengalami hal serupa.

"Betul. Tangerang dan Bekasi, jumlah kasus sudah melampaui puncak Delta. DKI dan Bali will follow very soon," ujar Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dalam keterangannya, Minggu (6/2/2022).

Namun Budi mengatakan angka pasien yang dirawat di rumah sakit masih berada di bawah puncak Delta. Dia menyebut kenaikan kasus COVID-19 masih akan terjadi dalam dua sampai tiga pekan ke depan.

"Grafik di bawahnya, hospitalisasi masih 30%an dari puncak delta. Masyarakat tetap tenang namun waspada menghadapi kenaikan kasus yang pasti akan tinggi dalam 2-3 minggu ke depan," kata Budi.

Dia mengimbau bagi pasien aktif COVID-19 yang tidak bergejala dapat menjalani isolasi di rumah. Tujuannya, agar rumah sakit dapat melakukan perawatan bagi pasien yang bergejala parah.

"Agar rumah sakit bisa digunakan oleh yang benar-benar membutuhkan. Ini beberapa data yang menunjukkan sebenarnya keterisian rumah sakit kita, kalau sesuai aturan Kemenkes, bisa berkurang 60-70%," ucap Budi.

Lihat juga Video: Prediksi Covid-19 Harian RI di Era Omicron: Bisa Capai Ratusan Ribu!

[Gambas:Video 20detik]



(rak/knv)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT