Desainer Cilik Bekasi, Botol pun Jadi Sumber Inspirasi

ADVERTISEMENT

Desainer Cilik Bekasi, Botol pun Jadi Sumber Inspirasi

Khairunnisa Adinda Kinanti - detikNews
Minggu, 06 Feb 2022 12:19 WIB
Akeyla designer cilik bekasi
Foto: citra
Jakarta -

Bakat yang dimiliki setiap manusia akan berkembang jika terus diasah dan didukung oleh orang-orang sekitar. Begitupun yang ditunjukkan seorang anak berusia 11 tahun, Akeyla Naraya. Bakatnya terus terasah sejak balita, hingga kini karyanya sudah mendunia.

Bakat yang dimiliki Akeyla ternyata menurun dari orang tuanya. Sang Ibunda, Inawati, terbiasa mendesain baju untuk mengembangkan usaha konveksinya. Akeyla pun meniru apa yang dilakukan ibunya.

"Pertama kali saya ngegambar itu kayaknya di umur 2 tahun. Saya menggambar gunung dan sawah. Kalau desain, pertama kali mendesain umur 5 tahun. Saya bermain-main sambil memperhatikan ibu saya mendesain. Lalu saya menirunya," ujar Akeyla dalam program Sosok.

Sumber inspirasi desain Akeyla, sangat beragam. Tak hanya mengikuti tren fashion yang berkembang, Akeyla acap kali berinovasi dari benda-benda di sekitarnya.

"Inspirasi dari desain bisa dari mana saja sih ya. Dari orang, botol, museum, bangunan, dan pemandangan juga bisa," tutur Akeyla.

Akeyla tak sembarang mendesain. Bocah kelahiran 4 November 2010 itu juga menekankan motif dan makna pada baju-baju karyanya. Seperti saat ini, Akeyla mengangkat salah satu pola batik yang terancam punah, yaitu Batik Ayam Ciparage.

"Paling ciri khasnya itu batik saya. Batik Ayam Ciparage dan batik pewarna alam. Saya lagi fokus bikin batik Ayam Ciparage karena juga itu merupakan batik Karawang. Saya bikin motifnya sendiri," ungkap Akeyla.

Akeyla sudah ikut dalam berbagai ajang fashion di sejumlah negara. Di usia 7 tahun, Akeyla sudah diundang untuk memamerkan karyanya di Rusia. Setahun kemudian, desainnya ditunjukkan di Lebanon dalam misi perdamaian. Kiprah Akeyla membawanya masuk dalam jajaran Tokoh Inspiratif 2018 versi Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI).

Akeyla lalu kembali ke Rusia pada 2019. Saat itu, ia membawa batik bikinannya sendiri.
Namun, pada 2020 dan 2021 Akeyla harus menunda rencananya berkunjung ke sejumlah negara. Pilihan ini dilakukan menyusul memburuknya situasi akibat pandemi Covid-19.



Simak Video "Desainer CIlik Asal Bekasi, Karyanya Menembus Rusia Hingga Lebanon"
[Gambas:Video 20detik]
(nis/ids)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT