ADVERTISEMENT

Seskab Pramono Cerita Pengalaman Tak Terlupakan Saat Dampingi Jokowi

Matius Alfons - detikNews
Sabtu, 05 Feb 2022 15:03 WIB
Seskab Pramono Anung
Foto: dok. Setkab

Pramono mengakui sebetulnya saat itu dirinya mengantuk tapi tidak enak meninggalkan Jokowi. Dia bahkan mengaku sempat menahan-nahan buang air kecil lantaran merasa tidak enak walau sebetulnya dia menegaskan Jokowi merupakan sosok yang santai.

"Ya ngantuk tapi kan sama presiden kan, pertama kita nggak berani angkat kaki, ini kaki pasti sampai udah lebam-lebam, 9 jam nggak bergerak kan pasti, kencing aja kita tahan-tahan, (tapi) akhirnya nggak tahan 'pak saya mau kencing', presiden sebenarnya orang yang nyantai, tapi walau saya kenal presiden udah lama apapun presiden itu beda," ujarnya.

Tak hanya sekali, Pramono menyebut perihal buang air kecil ini juga pernah dialaminya ketika mendampingi Jokowi perjalanan dari Banjarnegara menuju Labuan Ratu. Saat itu dia sempat heran lantaran Jokowi tak kunjung ingin buang air kecil. Sampai pada akhirnya, dia memberanikan diri meminta Jokowi berhenti di tengah perjalanan lantaran ingin buang air kecil.

"Pernah juga dalam perjalanan dari Banjarnegara ke Labuan Ratu, itu hampir 8 jam, dan hujan, pengen kencing, presiden nggak, aku juga heran presiden kok nggak kencing-kencing, ku udah pengen kencing, perjalanan sejauh itu. Akhirnya nggak tahan 'pak boleh nggak berhenti kita kencing dulu pak'," ungkap Pramono sambil tertawa.

"Ya boleh (buang air kecil), tapi ya yang gitu-gitu banyak, 7 tahun mendampingi beliau dengan berbagai hal. Hal kecil yang justru diinget," lanjut dia menjawab pertanyaan Putri Tanjung.


(maa/hri)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT