Kebakaran Relokasi Pasar Johar, Walkot Pastikan Bantuan buat Pedagang

Nada Zeitalini Arani - detikNews
Kamis, 03 Feb 2022 10:55 WIB
Hendi Cek Kebakaran Relokasi Pasar Johar
Foto: Pemkot Semarang
Jakarta - Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi ikut turun langsung bersama tim pemadam menangani musibah kebakaran area relokasi sementara pedagang pasar Johar di kawasan Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) Rabu (2/2) malam. Di lokasi kejadian, pria yang akrab disapa Hendi itu pun menjelaskan bahwa kebakaran yang terjadi cukup besar sehingga memerlukan bantuan dari berbagai pihak.

"Hari ini kami lihat kebakaran cukup besar, tapi Bismillah kami sudah kerahkan daya upaya teman-teman Damkar dari Kota Semarang sudah turunkan semua armada," terang Hendi dalam keterangan tertulis, dikutip Kamis (3/2/2022).

Lebih lanjut ia menambahkan, ada pula bantuan pemadaman dari Brimob, Polrestabes Semarang, Kabupaten Kudus, Kabupaten Demak, dan Kabupaten Semarang.

"Kami ucapkan terima kasih. Ikhtiar kita padamkan dulu. Pasca itu, kami akan berembug," ucapnya.

Hendi juga mengungkapkan dirinya telah berdiskusi dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo untuk memberikan dukungan penanganan pascakebakaran, terutama bagi para pedagang yang kiosnya ludes terbakar.

"Saya sudah matur Pak Gub untuk di-support terkait penanganan pasca ini terutama pedagang yang kiosnya ludes," terangnya.

Hendi menjelaskan saat tiba di lokasi, fokus utamanya adalah melakukan pemadaman. Sedangkan untuk total kerugian akibat kebakaran akan diidentifikasi lebih lanjut oleh dinas terkait. Meski begitu, ia akan tetap memastikan adanya bantuan dari pemerintah agar pedagang tetap bisa berjualan.

"Terkait berapa kios yang terbakar biar diidentifikasi sama dinas yang terkait. Saya belum berani ngomong hari ini. Namun Saya pastikan pasca ini ada bantuan dari pemerintah agar para pedagang bisa berjualan lagi," ujar Hendi.

Sementara itu, wakil ketua PPJP Rayon Johar Sadewa juga berharap agar para pedagang bisa tenang. Pihaknya akan meminta bantuan kepada Wali Kota maupun Gubernur.

"Insyaallah Saya minta bantuan pak Wali maupun pak Gubernur untuk bisa membantu bagaimana untuk langkah ke depan, mengingat dua tiga bulan mau lebaran. Setidak-tidaknya harus ada bantuan selain motivasi mental juga dana, modal," ujar Sadewa.

Pihaknya juga berupaya untuk menggerakkan 19 kelompok rayon guna membantu para pedagang Pasar Johar yang kiosnya ikut mengalami kebakaran.

Simak Video 'Penampakan Sisa Kebakaran di Pasar Johar Semarang':

[Gambas:Video 20detik]



(ncm/ega)