Fadli Zon Usul Karantina Dihapus Saja, Kenapa?

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 02 Feb 2022 16:39 WIB
Fadli Zon
Fadli Zon (Lisye/detikcom)
Jakarta -

Anggota Komisi I DPR RI, Fadli Zon, bercuit soal kasus COVID-19 Omicron dari penularan lokal. Menurut Fadli Zon, karantina saat ini jadi tak relevan dan sebaiknya dihapus saja.

"Dengan kasus COVID-19 Omicron sudah belasan ribu dari penularan lokal, maka di mana relevansinya karantina? Logikanya karantina dihapus saja," kata Fadli Zon dalam cuitan yang dibagikan kepada wartawan, Rabu (2/2/2022).

Untuk diketahui, tambahan kasus harian Corona di Indonesia mencapai 16.021 sehingga total 4.369.391 kasus pada Selasa (1/2). Sementara itu, total kasus Omicron yang diidentifikasi hingga Rabu (2/2) sebanyak 2.980 orang dengan 285 di antaranya masih dalam pemantauan epidemiologi.

Cuitan Fadli Zon itu mendapatkan sejumlah respons dari warganet atau netizen Twitter. Ada yang mempertanyakan mengapa karantina dihapus namun Fadli Zon belum memberikan respons atas pertanyaan warganet.

Pemerintah sebelumnya mengubah aturan karantina bagi pelaku perjalanan luar negeri (PPLN) yang tiba di Indonesia. Kini orang-orang yang tiba dari luar negeri harus menjalani karantina selama 5 hari dari sebelumnya 7 hari.

"Pemerintah mengubah aturan karantina 7 hari menjadi 5 hari," ujar Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Senin (31/1).

Sementara itu, Presiden Jokowi sempat menerima sejumlah keluhan dari warga asing terkait dugaan permainan karantina. Jokowi meminta Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengusut tuntas dugaan permainan karantina itu.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.

Simak juga Video: Karantina Pelaku Perjalanan Luar Negeri Kini Jadi 5 Hari!

[Gambas:Video 20detik]