Api Bak Gunung, Saksi Cerita Detik-detik Kebakaran 100 Rumah di Jakbar

ADVERTISEMENT

Api Bak Gunung, Saksi Cerita Detik-detik Kebakaran 100 Rumah di Jakbar

Karin Nur Secha - detikNews
Selasa, 01 Feb 2022 16:03 WIB
100 Rumah Terbakar di Kedoya Jakbar Dini Hari Tadi
Kebakaran Duri Kepa, Jakbar, dini hari tadi. (Karin Nur Secha/detikcom)
Jakarta -

Sebanyak 100 rumah di Duri Kepa, Jakarta Barat, habis terbakar dini hari tadi. Salah satu warga korban kebakaran bernama Iwan (30) menceritakan awal mula kebakaran itu terjadi.

Dia mengatakan, pada saat kebakaran, dia tengah tertidur lelap. Pada saat yang bersamaan, dia mendengar teriakan kebakaran dari istrinya sehingga terbangun dari tidur.

Saat itu, dia tidak lagi bisa banyak menyelamatkan barang berharganya. Sebab, api sudah membubung tinggi dan membuatnya takut.

"Ya, gimana, apinya gede banget kayak gunung tinggi banget," ujar Iwan saat ditemui di lokasi, Selasa (1/2/2022).

Dia mengatakan jika pada saat kebakaran semua orang panik berlarian dan sibuk menyelamatkan diri masing-masing. Selain itu, dia mendengar ledakan diduga dari tabung gas pada saat kebakaran.

"Tabung gas juga ada yang meledak, ngeri. Ini air juga langka kan got ketutup semua," kata Iwan.

Iwan menyebut jika dia hanya berhasil menyelamatkan surat-surat dan satu unit motor miliknya. Kini dia masih mencari sisa-sisa barang miliknya yang masih layak dijual kembali.

"Ya ini nyari sisa-sisa yang bisa dijual buat manjer-manjer kontrakan nanti. Depannya kan pasti ngontrak juga," ungkapnya.

Korban kebakaran lainnya, Indah (36), juga mengaku tak memiliki barang lagi yang masih tersisa, seluruhnya telah hangus dilalap api. Kini yang tersisa hanya pakaian yang berada di tubuhnya saja.

"Nggak sempet nyelamatin. Kebakar semuanya, duit, HP, semua kebakar," kata Indah.

Dia juga berharap pemerintah memberikan bantuan berupa tempat tinggal sementara kepada para korban terdampak kebakaran.

"Harapannya bisa kembali seperti semula ya bisa ditempatin lagi. Minta bantuannya bapak-bapak, ibu-ibu pemerintah. Kasian ini kan kita begini," ungkapnya.

Untuk diketahui, peristiwa kebakaran tersebut terjadi sekitar pukul 02.57 WIB dini hari tadi. Lokasi kebakaran berada di Jalan Kepa Duri Emas Blok QQ, Duri Kepa, Kedoya, Jakarta Barat.

Lahan seluas 3.000 meter persegi terkena dampak kebakaran. Ada 100 keluarga yang terdampak kebakaran tersebut dengan total 300 jiwa. Kerugian ditaksir mencapai Rp 1,875 miliar.

(ain/rak)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT