Soal Popularitas, Golkar Ungguli PDIP

Atta Kharisma - detikNews
Senin, 31 Jan 2022 17:09 WIB
Ilustrasi Bendera Golkar/Antarafoto
Foto: Ilustrasi Bendera Golkar/Antarafoto
Jakarta -

Partai Golkar dinyatakan sebagai partai dengan tingkat popularitas tertinggi dalam hasil survei yang dilakukan oleh lembaga Trust Indonesia Research & Consulting. Golkar meraih tingkat popularitas 93,9%, mengungguli PDIP (92,3%) dan Partai Gerindra (91,6%).

"Tingkat popularitas partai politik tertinggi diraih oleh Partai Golkar 93,9% disusul oleh PDIP 92,3% dan Partai Gerindra dengan 91,6%," demikian hasil temuan survei Trust Indonesia, dalam keterangan tertulis, Senin (31/1/2022).

Selain itu, Partai Golkar juga menempati urutan ke-3 pada tingkat kedisukaan dan tingkat elektabilitas. Golkar meraih tingkat kedisukaan 61,5%, menyusul Partai Demokrat (66,8%) dan Partai Gerindra (65,9%).

Sedangkan, tingkat elektabilitas Golkar berada pada angka 10,6%, di bawah PDIP (21,8%) dan Partai Gerindra (17,3%).

Hasil survei tersebut menunjukkan status Golkar, PDIP, dan Gerindra sebagai partai tiga besar (partai papan atas) masih belum bergeser. Temuan survei Trust Indonesia & Consulting menjelaskan ketiga partai tersebut memiliki basis tradisional yang loyal dan jaringan akar rumput (grassroots) yang kuat.

Sementara itu, alasan utama responden memilih partai politik di antaranya karena sudah terbiasa memilih partai dari sejak dulu serta pengaruh tokoh agama/masyarakat yang ada pada partai tersebut.

Survei tersebut digelar pada 3-12 Januari 2022 melalui wawancara tatap muka. Total sebanyak 1.200 orang responden berpartisipasi dalam survei tersebut, dengan margin of error 2,83% dan tingkat kepercayaan 95%.

Pemilihan responden dilakukan dengan menggunakan metode multistage sampling. Quality control dari survei ini 20% dari total jumlah sampel yang diambil secara acak, dengan mengkonfirmasi ulang responden terpilih (hot spot checking).

(prf/ega)