ADVERTISEMENT

Identitas Tengkorak di Aceh Tengah Terungkap, Korban Hilang 4 Bulan

Agus Setyadi - detikNews
Senin, 31 Jan 2022 14:04 WIB
Geger penemuan tengkorak manusia di Aceh Tengah
Penemuan tengkorak manusia di Aceh Tengah (Foto: Istimewa)
Aceh Tengah -

Tengkorak manusia yang ditemukan di Bebesen, Aceh Tengah, Aceh diduga Budeng warga Desa Bujang, Kecamatan Lut Tawar. Polisi masih menyelidiki penyebab kematian korban.

"Korban hilang lebih kurang empat bulan," kata Kasat Reskrim Polres Aceh Tengah Iptu Ibrahim saat dimintai konfirmasi detikcom, Senin (31/1/2022).

Identitas korban terungkap setelah polisi melakukan penyelidikan berdasarkan jaket yang ditemukan di lokasi. Polisi lalu meminta keterangan aparatur Desa Bujang, Aceh Tengah yang diduga tempat asal korban.

"Setelah ditunjukan hasil perbandingan tersebut, maka aparatur desa yang juga para keluarga mengakui kalau kerangka yang ditemukan merupakan pria yang akrab disapa Budeng," kata Kabid Humas Polda Aceh Kombes Winardy dalam keterangan terpisah.

Winardy mengatakan, meski keluarga sudah yakin itu Budeng, polisi tetap melakukan penyelidikan lebih lanjut. Polisi melakukan scientific investigation dengan memeriksa DNA dari keluarga korban.

"Scientific Investigation ini untuk mengidentifikasi korban terkait penemuan tengkorak dan kerangka manusia," ujar Winardy.

Tengkorak dan kerangka yang ditemukan tersebut disebut telah dikebumikan kembali pihak keluarga. Polisi juga meminta keluarga membuat surat pernyataan ketika mengambil kerangka tersebut dari rumah sakit umum daerah Datu Beru Aceh Tengah.

"Kita masih menyelidiki penyebab korban meninggal," jelas Winardy.

Warga Dusun Remaming, Kampung Simpang Empat, Kecamatan Bebesen, Aceh Tengah, digegerkan oleh penemuan tengkorak manusia. Tengkorak itu ditemukan saat warga kerja bakti.

"Tadi pagi warga menggelar kegiatan gotong royong rutin setiap Jumat. Ketika sedang membersihkan selokan warga menemukan tengkorak manusia," kata Kapolsek Bebesen Ipda Iwan AK kepada detikcom, Jumat (28/1).

Iwan mengatakan warga awalnya mengira yang mereka temukan adalah kelapa. Namun, setelah dilihat lebih lanjut, warga disebut terkejut ketika mengetahui benda itu ternyata tengkorak.

Temuan itu dilaporkan ke Polsek Bebesen dan Muspika setempat. Warga kemudian melanjutkan membersihkan selokan serta dilakukan penyemprotan oleh pemadam kebakaran.

"Di sana kembali ditemukan satu jaket dan baju kaus. Di dalam lengan jaket sebelah kiri terdapat tulang," jelas Iwan.

(agse/mud)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT