Menaker Apresiasi Langkah BLK Ternate Tingkatkan Kualitas SDM

Inkana Izatifiqa R Putri - detikNews
Senin, 31 Jan 2022 11:18 WIB
Menaker di BLK Ternate
Foto: Kemnaker
Jakarta -

Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah, melakukan kunjungan kerja ke Balai Latihan Kerja (BLK) Ternate, Maluku Utara. Dalam kunjungannya, Ida mengapresiasi BLK Ternate atas upayanya dalam menjaga, mengembangkan, dan meningkatkan kualitas SDM melalui berbagai latihan di Maluku Utara.

"Saya mengapresiasi langkah BLK Ternate yang telah memulai program pelatihan ini. Adanya pelatihan ini diharapkan dapat mewujudkan tenaga yang kompeten, berkualitas, dan berdaya saing di Ternate, " kata Ida dalam keterangan tertulis, Senin (31/1/2022).

Lebih lanjut, Ida menyampaikan, BLK memiliki program pelatihan non-boarding dan boarding. Adapun pelatihan bersifat boarding bertujuan untuk mengakomodir kebutuhan pelatihan dari masyarakat yang berasal dari luar kota Ternate.

Dengan demikian, mereka dapat memperoleh kesempatan sama untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan.

Ida mengatakan usai mengikuti pelatihan, para peserta nantinya akan mengikuti uji kompetensi melalui Lembaga Sertifikasi Profesi-Pihak Kedua (LSP P2) BLK Ternate.

"Peserta pelatihan boarding berasal dari beberapa Kabupaten di Maluku Utara. Sedangkan non boarding dari Kota Ternate dan sekitarnya," katanya.

"Bagi yang lulus sertifikasi akan mendapatkan sertifikat kompetensi yang dikeluarkan oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP)," tutupnya.

Simak juga 'Menaker Bilang Ijazah Tak Lagi Berarti Buat Cari Kerja':

[Gambas:Video 20detik]



(ncm/ega)