ADVERTISEMENT

Dukung Presidensi G20 RI, Grab Gelar Vaksinasi Booster di Bali

Atta Kharisma - detikNews
Minggu, 30 Jan 2022 22:33 WIB
Grab Indonesia dan Good Doctor kembali bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia serta Pemerintah Provinsi Bali untuk mendistribusikan vaksinasi booster
Foto: Dok. Grab Indonesia
Jakarta -

Grab Indonesia dan Good Doctor kembali bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia serta Pemerintah Provinsi Bali untuk mendistribusikan vaksinasi booster. Kegiatan ini menargetkan puluhan ribu anggota masyarakat di kategori kelompok prioritas dan rentan, serta para mitra Grab.

Grab mengawali pembagian vaksinasi booster melalui Grab Vaccine Center yang telah beroperasi di IC Center Bali dari 27 Januari hingga 29 Januari 2022, sebelum bergerak ke kota-kota lain termasuk Bandung dan Jabodetabek untuk mendukung program vaksinasi booster nasional. Bali menjadi titik awal pendistribusian vaksinasi booster sebagai bagian dari upaya untuk mendukung perhelatan Presidensi G20 Indonesia 2022, dimana berbagai pertemuan internasional tingkat tinggi akan diselenggarakan.

Vaksinasi booster yang terdiri dari Pfizer, AstraZeneca dan Moderna akan diberikan kepada para lansia dan pra lansia usia 50 tahun ke atas, pelaku industri pariwisata dan UMKM, serta para mitra pengemudi yang memenuhi kriteria sebagai penerima vaksinasi booster.

Grab Indonesia dan Good Doctor kembali bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia serta Pemerintah Provinsi Bali untuk mendistribusikan vaksinasi booster Foto: Dok. Grab Indonesia

Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi Sadikin mengatakan kerja sama dari berbagai pihak, baik pemerintah maupun swasta, akan mempercepat bergulirnya program vaksinasi booster yang dirancang oleh Pemerintah Indonesia untuk melawan penyebaran COVID-19.

"Indonesia telah memasuki fase pemulihan pasca gelombang kedua COVID-19. Program vaksinasi booster sangat krusial bagi keberlanjutan pemulihan tersebut, di mana kita perlu memperkuat ketahanan masyarakat Indonesia terhadap varian baru, yaitu Omicron," ujar Budi dalam keterangan tertulis, Minggu (30/1/2022).

Pada 2021, lanjut Budi, Kementerian Kesehatan telah bekerja sama erat dengan Grab dan Good Doctor sebagai mitra swasta pertama untuk pendirian sentra vaksin drive-thru pertama di Asia Tenggara.

"Kami semua melihat peran nyata teknologi terhadap efisiensi pendistribusian vaksinasi," tambahnya.

Oleh karena itu, lanjut Budi, pihaknya menyambut baik kemitraan lanjutan untuk pendistribusian vaksinasi booster bersama kedua perusahaan teknologi tersebut. Sebab, peningkatan imunitas masyarakat sangat penting bagi Bali yang akan menjadi tuan rumah G20 dan menyambut tamu dari berbagai negara.

"Kami harap inisiatif dari Grab dan Good Doctor dapat mendorong lebih banyak pihak swasta lainnya untuk turut mensukseskan program vaksinasi Indonesia," tambahnya.

Grab Vaccine Center yang mencatat sejarah sebagai pusat vaksin drive-thru dengan pendekatan teknologi pertama di Asia Tenggara, telah mendistribusikan ratusan ribu dosis vaksin kepada pekerja garda depan, masyarakat umum, dan mitra Grab di lebih dari 54 kota dan kabupaten sejak diluncurkan pada Maret 2021.

Di lain pihak, Gubernur Bali, Wayan Koster, yang diwakili oleh Kepala Dinas Perhubungan Pemerintah Provinsi Bali IGW Samsi Gunarta mengatakan vaksinasi booster hadir di waktu yang tepat. Hal ini mengingat Bali akan menjadi tuan rumah berbagai pertemuan terkait Presidensi G20 Indonesia 2022, khususnya puncak acara yakni Konferensi Tingkat Tinggi G20 pada Oktober mendatang.

"Pemerintah Bali telah memulai berbagai persiapan untuk menjadi tuan rumah Konferensi Tingkat Tinggi G20 Bali 2022, yang diharapkan akan membangkitkan kembali ekonomi di Pulau Dewata. Pemberian vaksinasi booster oleh Grab dan Good Doctor ke pelaku pariwisata dan UMKM akan memberikan efek jangka panjang yang sangat baik bukan saja bagi perlindungan kesehatan para pekerja di sektor-sektor utama tersebut, tapi juga tamu nasional dan internasional yang akan berkunjung ke Bali," tuturnya.

Langkah Inisiatif Grab Wujudkan Indonesia Tahan Pandemi

Country Managing Director of Grab Indonesia, Neneng Goenadi mengungkapkan pembagian vaksinasi booster merupakan langkah selanjutnya dari inisiatif Grab untuk mendorong daya tahan masyarakat Indonesia dalam menghadapi pandemi COVID-19.

"Dua tahun terakhir menjadi saksi dari kegigihan perjuangan masyarakat Indonesia melawan pandemi. Dengan semangat #PercayaTerlindungi, Grab bersama Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Pemerintah Provinsi setempat, dan Good Doctor mendukung peningkatan daya tahan masyarakat dengan mendistribusikan vaksinasi booster, terutama kepada kelompok prioritas dan rentan terhadap virus COVID-19," papar Neneng.

Neneng juga memberikan apresiasi kepada pemerintah yang telah mengizinkan pengemudi dan mitra pengusaha untuk disertakan dalam program vaksinasi booster.

"Kami sangat berterima kasih kepada pemerintah Indonesia yang mengizinkan mitra pengemudi dan mitra usaha kami untuk diikutsertakan dalam program vaksinasi booster. Mereka yang juga berperan sebagai garda terdepan membutuhkan perlindungan yang baik sehingga dapat terus menyediakan layanan yang paling dibutuhkan masyarakat selama pandemi. Bagi Grab, masyarakat yang sehat adalah pondasi terbitnya harapan untuk pemulihan ekonomi," imbuhnya.

Dalam mengadakan vaksinasi booster, Grab pun kembali menggandeng Good Doctor yang bertindak sebagai penyelenggara infrastruktur digital untuk membantu menjaga kelancaran proses pendistribusian vaksinasi booster. Masyarakat yang memasuki kriteria penerima vaksinasi booster juga dapat mendaftarkan diri melalui aplikasi Good Doctor dengan mengetuk banner 'Program Vaksinasi COVID-19'.

Grab Indonesia dan Good Doctor kembali bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia serta Pemerintah Provinsi Bali untuk mendistribusikan vaksinasi booster Foto: Dok. Grab Indonesia

Managing Director Good Doctor Technology Indonesia, Danu Wicaksana mengaku pihaknya merasa terhormat bisa mendukung akselerasi pemulihan COVID-19 melalui pendistribusian vaksinasi booster.

"Good Doctor merasa sangat terhormat bisa mendukung Grab, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, dan Pemerintah Provinsi Bali dalam akselerasi pemulihan COVID-19 melalui distribusi vaksinasi booster. Kolaborasi ini mencerminkan kekuatan teknologi dalam menghadirkan efisiensi dalam pemberian layanan kesehatan bagi masyarakat Indonesia, sehingga mewujudkan tujuan bersama yaitu Indonesia yang kuat dan sejahtera," pungkasnya.

Untuk memudahkan mobilitas penerima vaksin menuju dan dari pusat vaksinasi booster, Grab menyediakan kode promo spesial untuk layanan GrabCar dan GrabBike di IC Center Bali.

(akn/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT