Pemeras Pura-pura 'Pincang' di Jaktim, Polisi: Jangan Main Hakim Sendiri

Yogi Ernes - detikNews
Sabtu, 29 Jan 2022 15:22 WIB
Pelaku modus pura-pura jadi korban tabrak lari di Pasar Rebo, Jakarta Timur (Tangkapan layar)
Pelaku modus pura-pura jadi korban tabrak lari di Pasar Rebo, Jakarta Timur (Tangkapan layar)
Jakarta -

Polda Metro Jaya bicara soal kasus pemerasan dengan modus pelaku berpura-pura pincang dan mengaku menjadi korban tabrak lari di Pasar Rebo, Jakarta Timur. Masyarakat diminta tidak main hakim sendiri jika suatu saat mengalami peristiwa serupa.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes E Zulpan mengatakan pihaknya mengimbau warga bersikap responsif. Jika melihat kasus tersebut, warga diimbau segera membuat laporan ke polisi.

"Laporkan kepada polisi apabila mengetahui adanya pelanggaran hukum yang diketahui oleh masyarakat. Percayakan penegakan hukum kepada polisi," kata Zulpan saat dihubungi, Sabtu (29/1/2022).

Selain itu, masyarakat diminta bersikap dewasa. Menurut Zulpan, respons warga jika berada di situasi tersebut tidak boleh emosional dan memancing keributan.

Dia meminta warga tidak melakukan penghakiman sendiri saat berhadapan peristiwa serupa seperti yang telah terjadi di Pasar Rebo, Jakarta Timur.

"Jangan mudah terprovokasi dengan ajakan yang belum diyakini kebenarannya. Jangan main hakim sendiri," jelas Zulpan.

Aksi pemerasan dengan modus pelaku berpura-pura pincang dan mengaku menjadi korban tabrak lari terjadi di Pasar Rebo, Jakarta Timur, pada Rabu (26/1). Peristiwa itu lalu viral.

Meski begitu, polisi menilai tindakan pelaku tersebut sebagai modus lama dalam praktik tindakan kejahatan pemerasan.

"Ini modus lama ya," kata Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Timur AKBP Ahsanul Muqaffi.

Menurut Ahsanul, tindakan seperti itu sudah ada sejak lima tahun lalu. Namun, berkat media sosial kejadian serupa kini kembali viral di masyarakat.

"Sudah lima tahun lalu sudah ada begitu," katanya.

Terkait kasus yang tengah menyita perhatian tersebut, Ahsanul mengatakan pihaknya masih melakukan penyelidikan. Saksi-saksi dan bukti petunjuk di lokasi terus dikumpulkan polisi.

"(Pelaku) belum teridentifikasi. Itu kan kejadian hari Rabu ya. Begitu kita cek bukan kemarin, cuma viral saja. Kemarin sudah dicek anggota lagi ya. Saksi-saksi di lapangan masih kita tanyain," katanya.

Simak Video: Viral Modus Pura-pura Jadi Korban Tabrak Lari di Jaktim

[Gambas:Video 20detik]



(ygs/idh)