Bripka Bayu Polisi Pemerkosa Mahasiswi di Banjarmasin Resmi Dipecat!

M Risanta - detikNews
Sabtu, 29 Jan 2022 11:37 WIB
Bripka Bayu Tamtomo (pakai peci) dicopot dari kepolisian.
Bripka Bayu Tamtomo (memakai peci) dicopot dari kepolisian. (Risanta/detikcom)
Banjarmasin -

Bripka Bayu Tamtomo resmi dipecat dari kepolisian. Pelaku yang diduga memperkosa mahasiswi magang Fakultas Hukum Universitas Lambung Mangkurat itu resmi dikenai sanksi pemberhentian tidak dengan hormat pagi tadi.

Pemecatan oknum polisi yang sebelumnya bertugas di Satuan Resnarkoba Polresta Banjarmasin itu dilakukan dalam upacara khusus di halaman Mapolresta Banjarmasin, Sabtu (29/1/2022). Upacara itu disaksikan Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina, perwakilan Kejaksaan Negeri Banjarmasin, dosen dan mahasiswa BEM Fakultas Hukum ULM, serta sejumlah tokoh masyarakat.

Bripka Bayu Tamtomo diperlihatkan kepada publik dalam upacara itu. Pemberhentian tidak dengan hormat oknum polisi ini mendapat perhatian masyarakat yang menyaksikan dari luar halaman Mapolresta.

Kapolresta Banjarmasin Kombes Sabana Armojo Martosumito mengutuk perbuatan keji Bripka Bayu Tamtomo, eks anak buahnya itu. Sabana menegaskan upacara pemberhentian tidak dengan hormat tersebut merupakan janjinya kepada masyarakat untuk memecat langsung mantan anak buahnya ini secepat-cepatnya.

"Seperti yang saya sampaikan semalam, jabatan saya taruhan jika tidak terlaksana upacara PTDH. Maka hari ini kami melaksanakan pemecatan melalui upacara PTDH. Otomatis yang bersangkutan resmi menjadi warga sipil biasa, bukan lagi menjadi polisi," kata Sabana Armojo Martosumito seusai upacara PTDH.

Sementara itu, Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina secara resmi mencopot penghargaan terhadap Bripka Bayu Tamtomo, yang menjadi bagian dari tim narkoba Polresta Banjarmasin yang berhasil menggulung sindikat pengedar narkoba dalam jumlah besar di Banjarmasin. Sebelumnya, Pemerintah Kota Banjarmasin melalui Penjabat Wali Kota Banjarmasin Achmad Fidayen memberikan penghargaan khusus atas prestasi yang dibuat Satuan Narkoba Polresta Banjarmasin atas prestasinya menggagalkan penyeludupan narkoba jenis sabu ratusan kilogram beberapa saat lalu.

"Terhitung sejak 24 Januari 2022, Pemerintah Kota Banjarmasin resmi mencabut penghargaan kepada oknum polisi yang bermasalah ini. Sedangkan untuk anggota dan tim Narkoba Polresta Banjarmasin, tidak kami cabut," Ibnu Sina kepada wartawan.

Lihat Video: DPR Bakal Ngadu ke Kapolri soal Polisi Perkosa Mahasiswi: Hukum Berat!

[Gambas:Video 20detik]