Jumlah Pengunjung Ragunan Terus Menurun di Tengah Lonjakan Kasus Corona DKI

Marteen Ronaldo - detikNews
Sabtu, 29 Jan 2022 11:25 WIB
Suasana di Ragunan, Sabtu (29/1/2022) -(Marteen-detikcom)
Suasana di Ragunan, Sabtu (29/1/2022). (Marteen/detikcom)
Jakarta -

Jumlah pengunjung di Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta Selatan, terus mengalami penurunan setiap pekannya. Hal ini terjadi seiring peningkatan kasus Corona di Jakarta.

"Iya, tentu kalau kita bandingkan terus dengan minggu-minggu sebelumnya, ya secara otomatis pasti turun angkanya. Kalau sekarang berdasarkan data yang masuk sampai sekarang mencapai 1.803 pengunjung," kata pejabat Humas Taman Margasatwa Ragunan Bambang Wahyudi di Ragunan, Sabtu (29/1/2022).

Jumlah itu menurun jika dibandingkan Sabtu (22/1). Pada pekan lalu, jumlah pengunjung Ragunan hingga pukul 10.00 WIB mencapai 2.295 orang dan pekan sebelumnya 3.389 orang.

Dia mengatakan penurunan jumlah pengunjung mungkin terjadi karena kasus Corona varian Omicron yang terus bertambah di DKI. Menurutnya, jumlah pengunjung juga dipengaruhi status Jakarta yang kini menjadi wilayah PPKM level 2.

"Selain itu juga kan kasus Omicron di wilayah Jakarta dan sekitarnya menjadi penyebab penurunan pengunjung. Dan jangan lupa juga, saat ini PPKM di Jakarta masuk Level 2, maka jumlah pengunjung juga mulai kita tekan," ujarnya.

Meski demikian, dia mengatakan Ragunan tetap buka dan menerapkan protokol kesehatan yang ketat bagi pengunjung. Hal ini sebagai upaya antisipasi terjadinya gelombang penyebaran tinggi di Taman Margasatwa Ragunan.

"Kita juga melakukan imbauan kepada masyarakat dan pengunjung yang datang untuk terus berhati-hati dan menjaga jarak dengan pengunjung lainnya," paparnya.

Diketahui, kasus Omicron di DKI Jakarta per Jumat (28/1) menembus 2.000 kasus. Dari total 2.525 pasien yang terpapar, 1.373 di antaranya adalah pelaku perjalanan luar negeri (PPLN). Selain itu, ada 1.152 orang yang tertular Omicron di wilayah lokal atau dalam negeri.

(haf/haf)