Cerita Prabowo dan Sri Mulyani yang Makin Mesra

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 28 Jan 2022 21:45 WIB
Ada momen menarik saat Menhan Prabowo Subianto dan Menkeu Sri Mulyani Indrawati hadiri rapat kerja di Komisi I DPR RI, Kamis (27/1) kemarin. Begini potretnya.
Foto: ANTARA FOTO/MUHAMMAD ADIMAJA
Jakarta -

Prabowo Subianto dan Sri Mulyani kian 'mesra' sejak sama-sama berada di Kabinet Indonesia Maju. Keakraban Prabowo dan Sri Mulyani terlihat saat membantu menggeser kursi Menteri Keuangan itu.

Peristiwa tersebut terjadi saat Prabowo selaku Menteri Pertahanan dan Sri Mulyani sebagai Menteri Keuangan menghadiri rapat kerja di Komisi I DPR RI, Kamis (27/1/2022). Video menjadi sorotan masyarakat.

Diketahui, sebelum kemesraan itu Prabowo Subianto kerap mengkritik kebijakan Sri Mulyani. Saat itu Prabowo Capres pada Pilpres 2019, Prabowo menyebut Sri Mulyani 'Menteri Pencetak Utang'.

Ketika itu, Prabowo tengah menyoroti utang pemerintah yang terus menumpuk. Dalam pernyataannya, Prabowo ingin sebutan Menteri Keuangan diganti jadi Menteri Pencetak Utang.

"Kalau menurut saya, jangan disebut lagilah ada Menteri Keuangan, mungkin Menteri Pencetak Utang. Bangga untuk utang, yang suruh bayar orang lain," ujar Prabowo dalam acara dukungan alumni perguruan tinggi di Padepokan Pencak Silat, Taman Mini, Jakarta Timur, Sabtu (25/1/2019).

Prabowo kala itu menyebut kondisi bangsa, andai diibaratkan penyakit, sudah stadium lanjut. Lagi-lagi Prabowo menyoroti utang.

Menjawab kritik Prabowo, Sri Mulyani menuliskan puisi yang diunggah di akun Instagramnya, @smindrawati. Lewat puisinya itu, Sri Mulyani seolah-olah ingin menjelaskan kepada Prabowo tentang apa saja yang telah dikerjakan oleh pemerintah, yang menurut Prabowo banyak utang. Sejumlah capaian pemerintah itu antara lain pembangunan infrastruktur seperti jalan hingga gedung sekolah.

Kembali ke momen keakraban Sri Mulyani dan Prabowo di ruang rapat Komisi I DPR, Prabowo menjadi sorotan karena menggeser kursi Sri Mulyadi terjadi dalam rapat bersama Komisi I DPR beberapa waktu lalu. Momen itu terekam dan viral di media sosial.

Salah satu yang memposting video keakraban itu adalah Jubir Prabowo Dahnil Anzar Simanjuntak.

Dalam video yang diunggah Dahnil, terlihat Prabowo hendak berjalan menuju kursi yang harus ditempatinya di rapat Komisi I DPR. Sri Mulyani sudah berdiri di posisi duduknya.

Prabowo, yang lewat di belakang Sri Mulyani, tampak memberi isyarat agar Menkeu duduk saja dan sejurus kemudian dia membantu mendorong kursi dan membantu Sri Mulyani duduk dalam posisi sempurna.

"Momen ketika Pak @prabowo membantu menggeser kursi agar duduk Menteri Keuangan @smindrawati sempurna ini agaknya bagi saya 'Gentleman Manner' seorang Prabowo Subianto," kata Dahnil dalam unggahannya.