Polisi Periksa 43 Saksi di Kasus 'Jin Buang Anak' Edy Mulyadi

Mulia Budi - detikNews
Jumat, 28 Jan 2022 18:42 WIB
Edy Mulyadi sebut Prabowo Subianto Macan Jadi Mengeong
Edy Mulyadi (Firda Cynthia/detikcom)
Jakarta -

Polisi kembali memeriksa lima orang sebagai saksi terkait pelaporan atas Edy Mulyadi soal polemik 'jin buang anak'. Total saksi yang telah diperiksa berjumlah 43 orang.

"Kami sampaikan bahwa sampai hari ini pemeriksaan penyidik sudah 43 orang yang diperiksa," ujar Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan kepada wartawan di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Jumat (28/1/2022).

Ramadhan tidak menjelaskan secara rinci siapa saja saksi-saksi tersebut. Dia hanya menyebut 43 orang itu terdiri atas 35 orang saksi dan delapan ahli.

"Rinciannya adalah 35 saksi dan 8 saksi ahli," ucapnya.

Sebelumnya, polisi telah memeriksa 38 saksi dalam kasus ujaran kebencian Edy Mulyadi. Delapan di antaranya saksi ahli bidang informasi dan transaksi elektronik (ITE) hingga ahli bahasa.

"Sehingga total keseluruhan sampai hari ini telah dilakukan pemeriksaan sebanyak 30 orang saksi dan delapan saksi ahli. Jadi totalnya ada 38 orang saksi," ujar Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan kepada wartawan, Kamis (27/1).

Ramadhan mengungkap penambahan jumlah saksi yang diperiksa di tiga wilayah pelaporan Edy Mulyadi. Di antaranya Kalimantan Timur sebanyak sepuluh orang, Jawa Tengah sebanyak dua orang, dan DKI Jakarta sebanyak tiga orang.

"Hari ini tanggal 27 Januari 2022, hari Kamis, ada penambahan jumlah saksi. Yang pertama, tambahannya adalah pemeriksaan saksi di Kalimantan Timur sebanyak sepuluh orang, kemudian yang kedua pemeriksaan di Jawa Tengah dua orang, kemudian yang ketiga pemeriksaan saksi di Jakarta tiga orang, dan pemeriksaan saksi ahli tiga orang," katanya.

"Saksi ahli tersebut meliputi saksi ahli ITE, kemudian saksi ahli sosiologi, kemudian saksi ahli pidana, dan yang terakhir saksi ahli bahasa," sambung Ramadhan.

Simak video 'Bareskrim Panggil Ulang Edy Mulyadi Senin Depan':

[Gambas:Video 20detik]



Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.