Bamsoet Tegaskan Golkar Usung Airlangga Hartarto Jadi Capres

Muhamad Yoga Prastyo - detikNews
Jumat, 28 Jan 2022 17:30 WIB
Bamsoet
Foto: MPR
Jakarta -

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menegaskan partai Golkar telah memutuskan Airlangga Hartarto sebagai calon presiden pada Pilpres 2024 sebagaimana hasil Munas yang disepakati. Pernyataan tersebut diucapkannya sebagai respons atas sambutan Wakil Ketua Umum Partai Golkar sekaligus presidium KAHMI, Ahmad Doli Kurnia mengenai calon presiden 2024.

"Sampai saat ini belum ada perubahan. Sebagai kader, saya dan Mas Ahmad Doli Kurnia Tanjung wajib mendukung penuh keputusan Partai Golkar. Sedangkan sebagai bagian dari keluarga besar HMI dan KAHMI, tentu kita semua paham bahwa kita telah dididik untuk menjaga fatsun dan etika dalam berpolitik," ujar Bamsoet dalam keterangannya, Jumat (28/1/2022).

Hal itu disampaikannya kala memberi sambutan sebelum melakukan kick off Fun Football Pekan Olahraga Majelis Nasional KAHMI di lapangan sepak bola MPR/DPR/DPD, Jakarta.

Bamsoet pun menjelaskan penyelenggaraan Pekan Olahraga Majelis Nasional KAHMI merupakan ajang positif yang bisa merekatkan persaudaraan antarkader KAHMI dan HMI.

Kegiatan ini juga diharapkan dapat meningkatkan semangat organisasi agar lebih banyak lagi melahirkan kader berkualitas yang bisa memajukan bangsa dan negara. Baik sebagai pengusaha, politisi, maupun berbagai profesi lainnya.

"Secara organisasi, KAHMI dan HMI memang tidak berafiliasi ke politik tertentu, namun peran dari kader KAHMI dan HMI dalam pembangunan politik kebangsaan sangat besar. Bahkan sampai ikut menentukan kondusifitas politik dan arah masa depan bangsa. Di pemerintahan saja tercatat setidaknya ada 8 kader KAHMI yang menjadi menteri. Lebih banyak lagi di DPR, DPD, DPRD, gubernur, bupati dan wali kota," jelas Bamsoet.

Sebagai kader HMI, Kahmi, dan Partai Golkar, tambahnya, dirinya hanya fokus menjalankan amanah sebagai ketua MPR RI. Menurutnya, jika amanah ini diemban dengan baik, pada akhirnya HMI, KAHMI, dan juga Partai Golkar telah memberikan kontribusi nyata pada bangsa dan negara.

"Khusus untuk kader Partai Golkar di legislatif maupun yang sedang mengemban amanah sebagai pemimpin daerah, juga harus serius menjalankan tugasnya. Demi kebaikan rakyat, demi kejayaan Partai Golkar. Jika setiap kader bisa menjalankan amanahnya dengan baik, rakyat akan menilai bahwa kaderisasi di HMI berjalan baik, dan Golkar juga akan dinilai sebagai partai yang amanah, maju, modern, yang senantiasa memperjuangkan kepentingan rakyat," pungkas Bamsoet.

(fhs/ega)