Momen-momen Akrab Prabowo dan Sri Mulyani Sejak Satu Perahu

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Jumat, 28 Jan 2022 16:59 WIB
Ada momen menarik saat Menhan Prabowo Subianto dan Menkeu Sri Mulyani Indrawati hadiri rapat kerja di Komisi I DPR RI, Kamis (27/1) kemarin. Begini potretnya.
Prabowo Subianto dan Sri Mulyani di rapat dengan DPR (ANTARA FOTO/MUHAMMAD ADIMAJA)
Jakarta -

Prabowo Subianto dan Sri Mulyani kembali tampak begitu akrab ketika bertemu dalam satu forum. Sejak berada satu perahu di Kabinet Indonesia Maju, sudah ada tiga momen yang menunjukkan keakraban kedua menteri tersebut.

Berdasarkan catatan detikcom, Kamis (31/10/2019), sebelum menjadi Menteri Pertahanan, Prabowo beberapa kali menyoroti kebijakan-kebijakan Sri Mulyani ketika Pilpres 2019. Salah satu momen perseteruan Prabowo vs Sri Mulyani yang paling diingat adalah soal 'Menteri Pencetak Utang'.

Ketika itu, Prabowo tengah menyoroti utang pemerintah yang terus menumpuk. Dalam pernyataannya, Prabowo ingin sebutan Menteri Keuangan diganti jadi Menteri Pencetak Utang.

"Kalau menurut saya, jangan disebut lagilah ada Menteri Keuangan, mungkin Menteri Pencetak Utang. Bangga untuk utang, yang suruh bayar orang lain," ujar Prabowo dalam acara dukungan alumni perguruan tinggi di Padepokan Pencak Silat, Taman Mini, Jakarta Timur, Sabtu (25/1/2019).

Prabowo kala itu menyebut kondisi bangsa, andai diibaratkan penyakit, sudah stadium lanjut. Lagi-lagi Prabowo menyoroti utang.

Menjawab kritik Prabowo, Sri Mulyani menuliskan puisi yang diunggah di akun Instagram-nya @smindrawati. Lewat puisinya itu, Sri Mulyani seolah ingin menjelaskan kepada Prabowo apa saja yang telah dikerjakan oleh pemerintah, yang menurut Prabowo banyak utang. Sejumlah capaian pemerintah itu antara lain pembangunan infrastruktur seperti jalan hingga gedung sekolah.

Setelah duduk bersama di Kabinet Indonesia Maju, hubungan Prabowo dan Sri Mulyani makin akrab. Ini momen-momennya.

1. Pengenalan Menteri

Pada Rabu (23/10/2019), para menteri Jokowi yang hendak diperkenalkan kemudian dilantik terlihat sangat akrab hingga tertawa bersama. Prabowo Subianto dan Sri Mulyani terlihat mengobrol dengan para menteri lainnya, seperti Menteri KKP Edhy Prabowo serta Menteri Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.

2. Rapat Terbatas

Kekompakan keduanya berlanjut dalam rapat terbatas di Istana Presiden, Kamis (31/10/2019). Jajaran menteri mengikuti ratas di ruang rapat kantor Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat. Prabowo terlihat menyalami menteri-menteri yang hadir.

Prabowo mengatakan tentunya sesama menteri harus akrab. Apalagi Sri Mulyani Menteri Keuangan.

"Ya harus akrab, Menteri Keuangan, ha-ha-ha...," kata Prabowo seusai rapat di kantor Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Kamis (31/10/2019).

Lihat juga video 'Singapura Boleh Latihan Militer di RI, Prabowo: Tak Bahayakan Kedaulatan':

[Gambas:Video 20detik]