Sempat Mau Demo, Jaringan Rakyat Miskin Cerita 'Buru' Anies Tagih Janji

Indra Komara - detikNews
Jumat, 28 Jan 2022 15:00 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Dok. Pemprov DKI)
Jakarta -

Massa dari Jaringan Rakyat Miskin Kota (JRMK) berencana melakukan aksi besar di Balai Kota Jakarta untuk menagih janji politik Gubernur Anies Baswedan. Namun rencana itu batal karena sudah bertemu dengan Anies pagi tadi.

Koordinator JRMK, Minawati, menuturkan, sebelum memutuskan menggelar aksi, pihaknya sudah berupaya untuk menemui Anies. Dia juga membeberkan sejumlah janji politik Anies untuk menata perkampungan di wilayah Jakarta.

"Ada kampung-kampung yang RT-nya masih numpang di Rawa Timur, Rawa Barat, terus Karang Ijo. Ada kampung yang dibekukan kayak Akuarium, ada juga soal zonasi dan sekarang drafnya sedang dibuat, zonasinya bulan Mei 2022," ujar Minawati kepada wartawan, Jumat (28/1/2022).

Pertemuan JRMK dengan Anies berlangsung pagi tadi pukul 10.00 WIB di Balai Kota. Dia menceritakan momen 'memburu' Anies untuk menagih janji politik hingga bertemu di Balai Kota.

"Terus kenapa kita lakukan demo karena sudah melalui jalur yang sangat.... Pertama adalah kita membuat surat menagih, biasanya kita rutin tiap tahun, tahun ini agak susah. Saya kasih surat dari November 2021," katanya.

"Kita tunggu sampai Desember nggak ada. Ternyata surat itu nggak diapa-apain. Akhirnya kita ke asisten beliau yang kita kenal. Sampai akhirnya kita door stop, tiap hari kita jaga ke Balai Kota. Tiga hari kita lakukan," sambung Minawati.

Upaya bertemu dengan Anies masih tak kesampaian. Sampai JRMK berkesempatan bertemu dan memberikan surat. Kala itu pertemuan dengan Anies tak berlangsung lama, hanya sebatas menyampaikan surat untuk menagih janji.

"Dia itu tahu ada surat dari JRMK," kata Minawati.

Belum puas sampai di situ, JRMK juga mengejar Anies sampai ke rumah dinas dan rumah pribadinya di Lebak Bulus, Jakarta Selatan. Di sana, JRMK bisa bertemu dengan Anies sampai pukul 22.00 WIB.

"Sudah beberapa cara kita lakukan, akhirnya kita rapat jaringan JRMK, mungkin dengan cara inilah ada penekanan ayolah kita demo menagih janji beliau. Pertama lewat medsos kan, akhirnya lewat medsos itu dia dengar, akhirnya kita dipanggil. Semalam saya ditelepon jam 10.00 WIB, saya dipanggil ketemu Pak Gubernur," kata Minawati.

Hasil Pertemuan dengan Anies.

Minawati mengatakan ada 25 orang dari JRMK yang bertemu langsung dengan Anies pagi tadi di Balai Kota. Hasil pertemuannya, Anies menjanjikan akan menuntaskan satu per satu janji politiknya.

"Pertemuan tadi kita mencari kepastian solusi-solusi masalah kampung yang belum diatasi atau ditangani beliau. Tadi pas ketemu sudah ada solusinya. Seperti Lengkong, apa solusinya dia kan sengketa dengan swasta, akhirnya Pak Gub ada kesepakatan," katanya.

"Sudah ada target bulannya. Misal kampung-kampung baru dia bilang ada Pergubnya, bikinlah untuk jangka panjang," sambung dia.

Dia juga mengatakan kampung yang paling dekat akan ditata yakni Kampung Susun Kunir. Minawati menyebut ada 33 KK korban gusuran di Kampung Kunir yang akan dibuatkan Kampung Susun.

"Februari sudah mulai pembangunan," katanya.

Simak juga video 'Ditjen Fakir Miskin Dihapus, Risma: Kalau Tak Berprestasi Ya Dikurang':

[Gambas:Video 20detik]



(idn/imk)