Kesiapan Polda NTB Kawal Pramusim-Race MotoGP Mandalika

Faruk Nickyrawi - detikNews
Jumat, 28 Jan 2022 10:57 WIB
Kapolda NTB Irjen Djoko Poerwanto saat apel kesiapan pengamanan MotoGP Mandalika 2022 (dok. istimewa)
Foto: Kapolda NTB saat apel kesiapan pengamanan MotoGP Mandalika 2022 (dok. istimewa)
Mataram -

Polda Nusa Tenggara Barat (NTB) menggelar apel polisi lalu lintas dan Samapta untuk kesiapan pengamanan pramusim dan Race MotoGP Mandalika 2022. Apel disebut untuk melihat kesiapan jajaran saat pramusim dan race MotoGP Mandalika Maret mendatang.

"Apel gabungan ini untuk melihat kesiapan dari fungsi Ditlantas dan Ditsamapta," kata Kapolda NTB Irjen Djoko Poerwanto, Jumat (28/1/2022).

Djoko menilai pramusim dan Race MotoGP Mandalika 2022 memerlukan pengaturan ketertiban masyarakat, termasuk di jalan raya. Belum lagi MotoGP Mandalika digelar di banyak titik.

"Apel ini tidak hanya melihat kesiapan dari personel yang akan diterjunkan, namun juga kesiapan sarana dan prasarana dan strategi yang akan dimainkan ketika pelaksanaan nanti," sambung Djoko.

Sementara itu, Dirlantas Polda NTB Kombes Djoni Widodo menyebut pihaknya mendapat tambahan personel yang akan bertugas, mengingat jumlah pengunjung lebih besar tiga kali lipat dibanding saat IATC dan WSBK tahun lalu.

"Penambahan personel dari satker lain ini tentunya harus menyesuaikan diri dengan tugas yang ada di Lantas, seperti cara pengaturan lalulintas yang benar, penegakan hukum, gerakan lalulintas, pengawalan dan lain-lain," ujarnya.

Untuk menghadapi pramusim dan Race MotoGP Mandalika nanti, 276 personel anggota dari Polda NTB akan diterjunkan. Ditlantas Polda NTB juga sudah menyiapkan kendaraan khusus untuk mengurai kemacetan ataupun kendaraan untuk mengatasi kecelakaan lalulintas seperti kendaraan derek.

"Pada event MotoGP ini sudah tergambarkan konsep pengamanannya berdasarkan petunjuk dari Karo Ops baik di jalan raya atau di lima titik kedatangan penonton, baik di dalam kawasan atau di luar kawasan," pungkasnya.

(hmw/mud)