Mulai Terkuak Kasus Mahasiswa Dilecehkan Pimpinan Kampus di Jateng

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 28 Jan 2022 10:39 WIB
Pelecehan Seksual
Ilustrasi (Foto: iStock)
Solo -

Kasus pelecehan seksual yang menimpa mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Jawa Tengah perlahan mulai terkuak. Sejauh ini terdeteksi ada 5 mahasiswi jadi korban.

Sang terduga pelaku merupakan pimpinan kampus tersebut. Saat ini berbagai pihak bergerak mendalami kasus tersebut, termasuk internal kampus.

Berikut fakta-fakta terkini kasus pelecehan seksual ini:

Polda Jateng Dorong Korban Melapor

Pihak kepolisian dan Dikti sudah menggali informasi dari sejumlah korban pelecehan seksual. Pihak kepolisian kemudian mendorong korban membuat pengaduan.

"Belum pengaduan, kemarin itu dari Polda berkoordinasi dengan Dikti, pengawas Dikti. Mereka ternyata sudah melakukan langkah, salah satunya menginterogasi, ada beberapa yang merasa menjadi korban. Mereka sudah secara internal, kita mendorong agar melapor," kata Iqbal saat dihubungi wartawan, Kamis (27/1/2022).

Korban Takut Melapor

Para korban dugaan pelecehan seksual ternyata takut melapor berdasarkan hasil penyelidikan. Pihak kepolisian sudah berkoordinasi dengan Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) terkait hal itu.

"Si korban takut melapor. Makanya kita akan gandeng LPSK. Kalau sudah LPSK menjamin si pelapor, ini kan masalah sensitif, kalau LPSK sudah jamin, maka polisi akan lakukan tindakan. Pelecehan kan ada verbal dan fisik," jelas Iqbal.

Iqbal mengungkap ada lima orang yang menjadi korban. Namun, belum diketahui mereka berasal dari jurusan mana saja.

"Melapor di kampus hasil koordinasi denganDikti ada lima orang (korban). Sudah dilakukan interogasi dengan mereka. Kita mendorong (untuk lapor ke polisi)," lanjutnya.

Simak juga Video: Kasus Cabul Dekan FISIP Unri Dilimpahkan ke Jaksa

[Gambas:Video 20detik]