Diklaim Kondusif, PSU Yalimo Papua Masuk Tahap Rekapituasi Tingkat Distrik

Wilpret Siagian - detikNews
Kamis, 27 Jan 2022 17:01 WIB
PSU Pilbup Kabupaten Yalimo diklaim aman (dok. istimewa)
PSU Pilbup Kabupaten Yalimo diklaim aman. (Foto: dok. istimewa)
Yalimo -

Pemungutan suara ulang (PSU) pemilihan pasangan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Yalimo, Papua, telah digelar pada Rabu kemarin. Polisi menyebut proses PSU berlangsung aman.

"Situasi saat ini di Kabupaten Yalimo pascapemungutan suara di lima distrik yang ada relatif kondusif. Semua elemen masyarakat, terutama tokoh masyarakat, semua mendukung terselenggaranya pemungutan suara ini dengan aman, lancar, dan damai," ujar Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad Musthofa Kamal, Kamis (27/1/2022).

Seperti diketahui, PSU di Yalimo, yang digelar pada Rabu (26/1), merupakan PSU kedua setelah hasil pemilu dan PSU sebelumnya dinyatakan gugur dalam gugatan di Mahkamah Konstitusi. Pilkada Yalimo merupakan satu-satunya pemilihan kepala daerah dalam Pilkada Serentak 2020 yang belum selesai.

PSU Kabupaten Yalimo diikuti dua pasangan, yakni nomor urut satu Nahor Nekwek-John Wilil dan pasangan nomor urut dua Lakius Peyon-Nahum Mabel. PSU kali ini disebut telah memasuki tahap rekapitulasi dan anggota masih melakukan pengamanan di setiap TPS yang ada di lima distrik di Kabupaten Yalimo.

Menurut Kamal, tak ada kendala sejauh ini dari proses rekapitulasi di tingkat distrik. Rekapitulasi kini berlangsung di Distrik Elelim.

"Sedangkan untuk empat distrik lainnya hampir 60 persen sudah sampai ke distrik dan semoga hari ini semua bisa terkumpul dan segera dilakukan rekapitulasi dan selanjutnya semua hasil suara yang dilaksanakan kemarin dapat digeser ke KPU Kabupaten Yalimo untuk dilakukan rekapitulasi tingkat kabupaten," katanya.

Kamal menyebut polisi dibantu aparat TNI terus melaksanakan pengamanan di Kabupaten Yalimo untuk mengantisipasi gangguan kamtibmas seperti peristiwa sebelumnya. Aparat gabungan rutin menggelar patroli skala besar dan kecil di sekitar Kota Elelim dan di perbatasan distrik-distrik

"Ini semua dilakukan tidak lain untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi seluruh masyarakat, sehingga apa pun hasil pemungutan suara kemarin kita sama-sama hantar proses demokrasi ini dengan baik dan apa pun hasilnya nanti, kita tetap dukung terselenggaranya pemerintahan di Kabupaten Yalimo ini berjalan dengan baik," tambahnya.

"Tentu harapan kita semua dan mudahan-mudahan proses demokrasi saat ini berjalan sampai nanti penetapan calon bupati dan wakil bupati terpilih berjalan aman kondusif hingga pelantikan," pungkas Kamal.

(hmw/mud)