Prof Jamaluddin Jompa Jadi Rektor Unhas Terpilih

Hermawan Mappiwali - detikNews
Kamis, 27 Jan 2022 16:18 WIB
Rektor terpilih Unhas Prof Jamaluddin Jompa (dok. istimewa)
Rektor terpilih Unhas Prof Jamaluddin Jompa (dok. istimewa)
Makassar -

Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar resmi memiliki pimpinan baru setelah Prof Jamaluddin Jompa dinyatakan sebagai rektor terpilih periode 2022-2026. Prof Jompa menyisihkan Prof Farida Patittingi dan Prof Budu sebagai kompetitornya di bursa pemilihan rektor kali ini.

"Rektor terpilih Profesor Jamaluddin Jompa," kata pejabat Humas Unhas Ishaq Rahman kepada detikcom, Kamis (27/1/2022).

Prof Jamaluddin Jompa memimpin perolehan dukungan sebanyak 11 suara, disusul Prof Budu dan Prof Farida masing-masing sembilan dan lima suara. Majelis Wali Amanat (MWA) Unhas kemudian melakukan penetapan rektor terpilih melalui rapat paripurna terbuka.

Seluruh anggota MWA yang berjumlah 19 orang turut menghadiri rapat parpurna ini, mereka di antaranya Jusuf Kalla yang juga sebagai Ketua IKA Unhas, Mendikbudristek yang diwakili Kepala Biro SDM Dyah Ismayanti, Chairul Tanjung dan Sofyan Wanandi, rektor Unhas, Ketua Senat Akademik, serta anggota MWA lainnya.

Ketua MWA Unhas Sjafruddin mengatakan proses pemilihan telah berlangsung dengan sangat baik. Dia mengucapkan terima kasih ke seluruh panitia seleksi dan kepada masing-masing calon rektor yang telah berikhtiar membesarkan almamater kampus.

"Hasil pemilihan ini adalah hasil yang obyektif, tidak ada intervensi dari pihak manapun. Saya selalu mengatakan, kita akan memilih berdasarkan pemikiran dan hati nurani. Kepentingan dan perjuangan kita adalah membesarkan Unhas menjadi World Class University," kata Sjafruddin saat melakukan sambutan.

"Kita tidak memperjuangkan orang dan kelompok. Kepentingan kita adalah untuk masa depan Unhas," lanjut dia.

Diketahui, pemilihan rektor Unhas periode 2022-2026 merupakan tahap ketujuh dari seluruh rangkaian pemilihan. Tahapan terakhir, yaitu pelantikan rektor Unhas periode 2022-2026 dijadwalkan pada 28 April 2022 oleh Majelis Wali Amanat.

Pemilihan rektor Unhas kali ini turut dihadiri rektor Unhas pada masanya, yakni Basri Hasanuddin dan Idrus A. Paturusi.

(hmw/mud)