Prabowo di DPR: Dalam 24 Bulan RI Punya 50 Kapal Perang Siap Tempur

Eva Safitri - detikNews
Kamis, 27 Jan 2022 15:22 WIB
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menjadi inspektur upacara peringatan Hari Bhakti Taruna. Prabowo turut menabur bunga usai upacara di TMP Taruna, Tangerang.
Menhan Prabowo Subianto (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto mengungkapkan kesiapan alat utama sistem senjata (alutsista) TNI. Prabowo menyebut, dalam 24 bulan ke depan, Indonesia akan memiliki 50 kapal perang siap tempur.

Informasi itu diungkapkan Prabowo hari ini dalam rapat kerja dengan Komisi I DPR, di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta. Prabowo mengaku juga sudah melapor ke Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Saya telah laporkan ke Presiden, kabinet, bahwa dalam 24 bulan kita akan punya mungkin sampai dengan 50 kapal perang yang siap tempur," kata Prabowo dalam rapat Komisi I, Kamis (27/1/2022).

Selain soal kuantitas alutsista, Prabowo bicara soal anggaran pertahanan. Mantan Danjen Kopassus itu menyebut Presiden Jokowi telah menyetujui anggaran yang diajukan Kemenhan. Namun Prabowo yang menyebutkan nominalnya.

"Kemudian, kami juga ingin menyampaikan di sini. Suatu kenyataan bahwa Presiden Republik Indonesia, Pak Joko Widodo, telah menyetujui dan mendukung alokasi anggaran yang terbesar, mungkin dalam 40 tahun. Bahkan mungkin selama sejarah Republik Indonesia kalau dikaji dengan teliti," terang Prabowo.

Prabowo memang terlihat serius membenahi sistem pertahanan negara. Selama hampir 3 tahun jadi Menhan, Prabowo berhasil menghidupkan kembali industri pertahanan Indonesia.

Terkini, Prabowo mengusulkan penjualan dua eks KRI, yakni KRI Teluk Penyu 513 dan KRI Teluk Mandar 514, yang sudah tidak laik pakai. Usulan Prabowo disetujui Komisi I DPR dan sudah menyiapkan penggantinya.

Simak Video 'Sudah Keropos dan Rusak Jadi Alasan Prabowo Jual 2 Eks KRI':

[Gambas:Video 20detik]



(eva/zak)