Truk Tangki Seruduk 2 Mobil hingga Masuk Jurang di Sumut

Ahmad Fauzi Manik - detikNews
Kamis, 27 Jan 2022 13:02 WIB
Tiga kendaraan terlibat kecelakaan masuk jurang di Sumut
Tiga kendaraan terlibat kecelakaan masuk jurang di Sumut. (Dok. Istimewa)
Padang Lawas Utara -

Sebuah truk tangki menyeruduk dua mobil depannya hingga masuk jurang. Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut.

Peristiwa ini terjadi di Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum), Aek Nauli Nabundong, Kecamatan Hulu Sihapas, Padang Lawas Utara (Paluta), Sumatera Utara (Sumut), Rabu (26/1/2022) kemarin.

"Iya, sebuah truk tangki yang menabrak dari belakang dua kenderaan di depannya, yakni sebuah kendaraan penumpang berjenis Mitsubishi L-300 (Taxi Kita Bersama) serta sebuah mobil pribadi jenis Toyota Avanza, akibat rem blong," kata Kapolres Tapanuli Selatan (Tapsel) AKBP Roman Smaradhana Elhaj ketika dimintai konfirmasi, Kamis (27/1).

Roman mengatakan lokasi kecelakaan ini berada di Jalinsum Padangsidimpuan-Gunung Tua, Km 29-30. Jika berkendara dari arah Padangsidimpuan, lokasi ini merupakan jalanan menurun.

Penyebabnya adalah kondisi rem truk yang tiba-tiba mengalami blong di jalanan menurun tersebut. Kondisi itu membuat truk melaju lebih kencang dan menghantam kenderaan di depannya.

Hantaman tersebut mendorong kedua kendaraan masuk ke jurang yang berada di sisi jalan. Truk tersebut juga akhirnya terperosok dan berhenti dalam kondisi terbalik.

"Kedalamannya (jurang) sekitar 10 meter," kata AKBP Roman.

Polisi, kata Roman, akan menyelidiki peristiwa kecelakaan ini. Sopir truk dijadwalkan akan diperiksa polisi secepatnya.

"Akan kita lidik, namun sementara sopirnya (truk) masih menjalani perawatan," ujar Roman.

Kasat Lantas Polres Tapanuli Selatan AKP Sofyan Nasution mengatakan akibat peristiwa ini ada 10 korban luka sedang dan ringan serta 1 orang yang mengalami luka serius. Korban yang mengalami luka serius tersebut merupakan penumpang Taxi Kita Besama.

"Korban di rawat di Puskesmas dan Rumah Sakit terdekat. Sementara untuk yang mengalami luka serius dibawa ke Padangsidimpuan," kata AKP Sofyan.

(mud/mud)