ADVERTISEMENT

Bupati Sleman Positif COVID-19, Begini Kondisi dan Hasil Tracing-nya

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 27 Jan 2022 11:35 WIB
Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo
Bupati Sleman positif Covid-19. Begini kondisi dan hasil tracing-nya. (Foto: dok. Humas Pemda)
Jakarta -

Bupati Sleman positif COVID-19. Bupati Kustini Sri Purnomo diketahui terpapar COVID-19 tanpa gejala.

Kini Bupati menjalani isolasi mandiri di rumah dinas Bupati Sleman. Bukan hanya Kustini, hasil tracing menemukan ada 10 orang kontak yang juga terpapar COVID-19.

Berikut kabar terkini terkait Bupati Sleman positif COVID-19 seperti dikutip dari detikJateng.

Bupati Sleman Positif COVID-19: Dinyatakan Positif Minggu Malam

Kustini sempat merasakan gejala mirip flu dan berinisiatif menjalani tes antigen pada Minggu (23/1) malam dan dinyatakan reaktif. Setelah itu, pada Senin (24/1) Kustini melakukan tes swab PCR yang mendapati hasil positif COVID-19.

"Ngerasa sangat capek karena kunjungan kerjanya cukup banyak. Dan karena ada gejala yang mengarah ke flu, saya berinisiatif periksa dan dinyatakan positif," kata Kustini melalui keterangan tertulis, Selasa (25/1/2022) seperti dilansir detikJateng.

Kustini pun tak lupa mengingatkan masyarakat untuk tetap menaati protokol kesehatan dan membatasi mobilitas. "Saya harap kita semua tetap waspada. Jangan sampai sedetik pun lengah, karena bahaya penularan masih ada," tambah Kustini.

Selengkapnya juga dapat dibaca di sini.

Bupati Sleman Positif COVID-19: Sempat Bepergian ke Luar Kota

Diketahui Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo sebelumnya melakukan perjalanan ke sejumlah kota selama sepekan terakhir. Sang suami menyebut, selama sepekan terakhir, mobilitas istrinya sangat tinggi ke berbagai kota, termasuk Jakarta.

"Karena satu minggu kepadatannya sangat tinggi, Senin (17/1) ke Lumajang pulang malam Rabu, kemudian Kamis (20/1) sudah terbang ke Jakarta, Jumat (20/1) pulang Jumat malam ke Kulon Progo," kata Sri Purnomo yang juga mantan Bupati Sleman itu saat ditemui wartawan di rumah dinas Bupati Sleman, Selasa (25/1).

"Nah ini kecapekan, Minggu (23/1) masih aktivitas dari pagi sampai sore sehingga rasanya pegel-pegel seperti flu. Di-swab positif. Setelah istirahat semalam sudah kembali sehat lagi," imbuhnya.

Bupati Sleman Positif COVID-19: Kondisi Tanpa Gejala

Saat ini Kustini sedang menjalani isolasi mandiri. Bupati Sleman itu dalam kondisi tanpa gejala.

Kustini menuturkan kondisinya saat ini baik-baik saja dan tidak mengalami gejala berat. "Alhamdulillah, kondisi saya saat ini baik-baik saja dan tidak ada gejala. Saya minta doanya agar segera diberikan kesembuhan," kata Kustini.

Bupati Sleman positif COVID-19 dan kini menjalani isolasi mandiri di rumah dinasnya. Selain Kustini, ada 10 orang lainnya yang dinyatakan positif COVID-19. Simak kabarnya di halaman selanjutnya.

Bupati Sleman Positif COVID-19: Hasil Tracing Keluarga

Suami Bupati Sleman Sri Purnomo menjelaskan hasil tracing keluarga setelah istrinya dinyatakan positif COVID-19. Dari hasil tersebut, hanya istrinya yang positif.

"Iya hanya Ibu (Kustini)," tuturnya.

Bupati Sleman Positif COVID-19: Hasil Tracing Kontak

Dinas Kesehatan Sleman langsung melakukan tracing setelah Bupati Sleman positif COVID-19. Ditemukan ada 10 orang yang juga terpapar COVID-19.

"Kemarin hanya ditemukan satu (positif), tapi yang (tracing) awal ditemukan sembilan," kata Kepala Dinas Kesehatan Sleman Cahya Purnama kepada wartawan di Pemkab Sleman, Rabu (26/1/2022).

Cahya menyebut akan melanjutkan tracing kasus terhadap 10 orang yang positif tersebut. Kontak erat, baik di kantor maupun rumahnya, akan dites swab.

"Setelah ini, pasti kami akan lakukan tracing lagi kontak eratnya. (Tracing) di instansi atau di (lingkungan) rumahnya (pasien positif)," ucapnya.

(izt/imk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT