Surat untuk Pejabat

Surat untuk Walkot Tangsel: Warga Cilenggang Butuh JPO Lewati Tol

Khairul Ma'arif - detikNews
Rabu, 26 Jan 2022 17:32 WIB
Warga Cilenggang, Tangsel butuh JPO untuk melewati tol.
Warga Cilenggang, Tangsel, butuh JPO untuk melewati tol. (Khairul/detikcom)
Tangerang Selatan -

Warga Kelurahan Cilenggang, Kecamatan Serpong, Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Banten, meminta pejabat terkait membangun jembatan penyeberangan orang (JPO) untuk melintasi tol. Sebab, menurut mereka, pembangunan Jalan Tol Serpong-Balaraja berdampak ke akses jalan warga.

"Kami terpaksa harus memutar sejauh sekitar dua kilometer jika termasuk saat hendak berangkat kerja maupun sekolah karena tidak adanya JPO. Sebelum adanya pembangunan jalan tol ini akses warga yang berjalan kaki di kedua RW tidak memutar jauh," kata warga bernama Iman Sopian dalam suratnya, Rabu (26/1/2022).

Warga Cilenggang, Tangsel butuh JPO untuk melewati tol.Warga Cilenggang, Tangsel, butuh JPO untuk melewati tol. (Khairul/detikcom)


Berikut ini surat lengkap dari Iman Sopian.


Kepada Yth,

Wali Kota Tangerang Selatan

Benyamin Davnie


Saya Iman Sopian, warga di Kelurahan Cilenggang tepatnya RT 03/02 Kecamatan Serpong, Kota Tangerang Selatan, Banten. Dengan ini saya mewakili warga dari tiga RT dua RW di Kelurahan Cilenggang meminta adanya pembuatan jembatan penyeberangan orang (JPO) kepada Wali Kota Tangerang Selatan, Benyamin Davnie. Kami sangat memohon kepada Pak Wali dapat memperhatikan dan mendengarkan aspirasi dari kami warganya.

Tiga RT terdiri dari RT 02/01, RT 03/02, dan RT 04/02. Sementara dua RW terdiri dari RW 01 dan RW 02 Kelurahan Cilenggang.

Saat ini kami sudah membentangkan spanduk yang bertuliskan keinginan kami memiliki JPO. Ini dilakukan sebagai upaya menyampaikan aspirasi kepada pihak terkait dengan harapan dapat direspons secepatnya.

Ini kali kedua kami membentangkan spanduk. Pertama kali membentangkan spanduk tidak mendapat respons dari pengembang Jalan Tol Serpong-Balaraja PT Trans Bumi Serba Raja dan PT Wijaya Karya sebagai kontraktor ataupun Pak Wali Kota Tangsel sebagai kepala daerah.

Kami warga di tiga RT dalam dua RW sangat membutuhkan minimal JPO yang menghubungkan RW 02 dengan RW 01 Kelurahan Cilenggang. Hal ini dikarenakan sejak adanya pembangunan jalan tol ini akses kami menjadi lebih jauh.

Kami terpaksa harus memutar sejauh sekitar dua kilometer untuk beraktivitas, termasuk saat hendak berangkat kerja maupun sekolah karena tidak adanya JPO. Sebelum adanya pembangunan jalan tol ini akses warga yang berjalan kaki di kedua RW tidak memutar jauh.

Pembangunan jalan tol yang sudah berlangsung sekitar lima bulan ini secara tidak langsung memutus akses pejalan kaki. Sebenarnya kami sangat berharap jembatan penyeberangan ini nanti dapat dilewati sepeda motor.

Namun, kami tidak memaksakan hal tersebut, jika hanya bisa dilalui oleh orang pun tidak masalah yang penting ada JPO. Karena menurut kami kasihan yang tidak memiliki kendaraan buat lintas antar RW ini.

Surat untuk pejabat program jurnalisme kolaboratif yang menjembatani aspirasi warga ke pejabat. Anda yang ingin bersurat kepada pejabat atau pemangku kebijakan bisa mengirim surat lewat redaksi@detikcom dengan subjek "[Surat untuk Pejabat] Poin utama yang ingin disampaikan". Sertakan nomor telepon yang bisa dihubungi untuk keperluan verifikasi.

(idh/tor)