Firli Bahuri Tepis Tuduhan Benny Harman soal KPK Sembunyikan Kasus

Matius Alfons - detikNews
Rabu, 26 Jan 2022 17:10 WIB
Ketua KPK Firli Bahuri (M Zhacky K/detikcom)
Ketua KPK Firli Bahuri (M Zhacky K/detikcom)
Jakarta -

Ketua KPK Firli Bahuri menepis tudingan anggota Komisi III DPR RI Benny K Harman bahwa ada perkara yang disembunyikan. Firli memastikan penanganan perkara di KPK dilakukan dengan transparan.

"Saya kira tidak ada perkara yang disembunyikan, karena semuanya transparan," kata Firli usai rapat kerja dengan Komisi III DPR di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (26/1/2022).

Firli menjelaskan seluruh perkara yang ditangani KPK dapat dilihat progresnya melalui aplikasi bernama 'Sinergi'. Dia kembali menekankan tidak ada perkara yang disembunyikan.

"Seluruh perkara itu terdaftar di dalam sistem KPK yang dikenal dengan Sinergi. Semua orang bisa lihat siapa yang lapor penanganannya bagaimana dan sampai di tahap apa perkara-perkara yang ada di KPK," terangnya.

"Jadi tidak ada yang disembunyikan," sambung mantan Kapolda Sumatera Selatan itu.

Diberitakan sebelumnya, Benny K Harman menyebut masih ada kasus-kasus di KPK yang belum selesai sejak tahun lalu. Ia menuding ada kasus-kasus yang disembunyikan KPK.

"Kemudian tentu pertanyaan tahun lalu, apakah ada kasus-kasus yang belum diselesaikan? Di sini saya lihat, ada kasus ini. Tapi kan ada kasusnya, jangan disembunyikan. Ada juga yang disembunyikan kasus itu, dibuka saja," ujar Benny dalam rapat Komisi III DPR dengan KPK siang tadi.

Anggota DPR dari Fraksi Partai Demokrat itu menyebut soal kasus-kasus yang belum selesai ditangani seharusnya tidak perlu ditanyakan lagi. Dia mengibaratkan seperti pertanyaan dari mana matahari terbit.

"Jadi ya mungkin pertanyaan yang nggak perlu ditanya mungkin. Ini kan rapat tahun lalu ditanya, apakah masih ada kasus-kasus KPK yang kasus korupsi yang ditangani KPK, kan begitu," sebut Benny.

"Ada yang ditanyakan secara terbuka, ada yang tidak, dan saya setuju itu, kan nggak mungkin kita tanya lagi matahari terbit di mana, di timur atau di barat," terangnya.

Simak juga 'KPK Dapat Tambahan 61 Jaksa Baru dari Kejagung':

[Gambas:Video 20detik]



(maa/zak)