Video 20Detik

5 Fakta Bentrokan Maut di Sorong yang Memakan Belasan Korban Jiwa

dtv - detikNews
Rabu, 26 Jan 2022 06:31 WIB
Jakarta -

Bentrokan antara kelompok pemuda Pelauw dan Kei terjadi di Sorong, Papua Barat. Selain merenggut belasan nyawa orang, dua mobil dan satu tempat karaoke ikut dibakar massa.

Awal mula bentrokan tersebut terjadi pada Sabtu (22/1) yang diawali dengan perkelahian antara pemuda Kei dan Pelauw asal Maluku. Sempat diupayakan damai, namun perkelahian berlanjut pada Minggu dini hari.

"Kemudian sudah diselesaikan namun ternyata belum (belum damai), ya masih ada dendam terjadi ribut lagi di situ, ada penganiayaan lagi, luka,"kata Kabid Humas Polda Papua Barat Kombes, Adam Erwindi, kepada detikcom, Selasa (25/1/2022).

Selanjutnya pada Senin (24/1), sekitar pukul 23.00 WIT, salah seorang pemuda Kei inisial KR (20) dihadang dan disabet parang dan tombak oleh kelompok pemuda Pelauw. KR dinyatakan meninggal dunia usai dibawa ke Rumah Sakit Solube Solu.

Hal itu yang memicu bentrokan maut yang akhirnya tempat karaoke Double O dibakar massa. Nahas, di dalam tempat karaoke itu ada 17 orang yang terjebak.

Para korban yang di tempat karaoke diketahui hanya warga biasa. Mereka mencoba menghindari bentrokan namun tak bisa evakuasi diri saat kebakaran.

(gra/gra)