6 Hal Diketahui Soal Deal RI-Singapura: Ekstradisi hingga Ruang Udara

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 26 Jan 2022 06:03 WIB
Jakarta -

Indonesia dan Singapura menjalin kesepakatan (deal) mengenai sejumlah hal. Berikut adalah enam hal yang telah diketahui sejauh ini soal deal itu.

Enam hal ini dihimpun dari pemberitaan detikcom hingga Selasa (25/1/2022).

1. Tempat

Penandatanganan deal RI-Singapura ini dihadiri langsung oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong. Tempatnya ada di Indonesia.

Deal RI-Singapura diteken di acara Leaders Retreat. Acara tahunan ini sedianya digelar pada 2020 namun karena pandemi COVID-19, kegiatan itu baru digelar pada 25 Januari 2022 di Bintan, Kepulauan Riau. Di peta, letak Bintan tak jauh dari Singapura.

Ada 15 dokumen kerja sama strategis yang ditandatangani, meliputi kerjasama strategis di bidang politik, hukum, keamanan, ekonomi, dan sosial budaya.

Momen Hangat Swafoto Jokowi-PM Singapura di BintanMomen Hangat Swafoto Jokowi-PM Singapura di Bintan Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden

2. Deal soal FIR

Perjanjian soal Flight Information Region (FIR) diteken kedua negara. Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, dan Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly hadir.

"Sementara dengan penandatangan perjanjian FIR, ruang lingkup FIR Jakarta akan melingkupi seluruh wilayah udara teritorial Indonesia. Terutama di perairan sekitar Kepulauan Riau dan Kepulauan Natuna," kata Jokowi dalam pernyataan pers seperti disiarkan di akun YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (25/1) kemarin.

Selanjutnya, deal soal ekstradisi: