Aksi Menyentuh Murid Sisihkan Uang Jajan Bantu Guru di Lamongan

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 25 Jan 2022 16:28 WIB
Video siswi-siswi SD di Lamongan menyisihkan uang jajan untuk membantu sang guru tengah viral. Video menyentuh hati itu diunggah guru tersebut.
Para siswi SD menyisihkan uang jajan demi membantu guru. (Foto: Tangkapan Layar)
Lamongan -

Aksi menyentuh diperlihatkan sejumlah siswi SD Negeri Sidorejo, Lamongan. Bocah-bocah itu rela menyisihkan uang jajannya untuk membantu sang guru.

Kebesaran hati siswi-siswi itu terlihat dalam sebuah video. Serombongan siswi mendatangi sang guru bernama Nur Indah Kartika (26).

Perwakilan mereka lalu memberikan sejumlah uang pecahan Rp 2.000 dan Rp 5.000. Uang itu mereka sisihkan dari jatah jajan.

Jumlahnya mungkin tak banyak, tapi tindakan murid-murid tersebut patut diacungi jempol. Apalagi tujuannya meringankan beban sang guru yang suaminya sakit.

Melihat inisiatif anak didiknya, Indah terharu. Padahal kondisi suaminya yang sakit tidak pernah disampaikan kepada para murid, apalagi meminta mereka membantunya.

"Saya terus terang kaget dan tidak menyangka para siswa hingga rela seperti itu. Padahal saya sendiri tidak pernah memberitahukannya kepada siswa, apalagi sampai meminta mereka untuk dapat membantu," ungkap Indah kepada wartawan, Senin (24/1/2022).

Kepala SDN Sidorejo, Mudjiati, mengapresiasi aksi siswi-siswi tersebut. Perbuatan mereka merupakan spontanitas karena kedekatan emosional dengan Indah.

"Bu Indah sendiri itu wali kelas II dan memang dekat dengan anak-anak, sehingga para siswa merasa terketuk hatinya untuk membantu melalui uang jajan mereka yang dikumpulkan secara tulus," tutur Mudjiati.

Mudjiati menjelaskan selama ini pihaknya mengutamakan pendidikan karakter. Siswa sudah terbiasa membantu meringankan beban sesama secara ikhlas dan tulus tanpa harus disuruh.

"Kebetulan di SD Sidorejo itu memang mengutamakan pendidikan karakter. Dengan pendidikan karakter, anak akan timbul rasa empati terhadap sesama," tutur Mudjiati.

Indah diketahui baru sekitar 11 bulan mengajar di SD tersebut. Indah juga belum berstatus PNS. Mudjiati tidak menyangka unggahan video berdurasi 56 detik di akun TikTok itu viral dan menuai banyak komentar positif.

Artikel ini telah tayang di detikJatim. Untuk informasi dan berita seputar Surabaya, Malang, dan daerah-daerah di Jatim, klik di sini www.detik.com/jatim

(mud/mud)