Anggota DPR ke Menkes: Kalau Kami Bicara, Lihat Muka Biar Merasa Dihormati!

Firda Cynthia Anggrainy - detikNews
Selasa, 25 Jan 2022 15:41 WIB
Jakarta -

Anggota Komisi IX DPR RI Irma Suryani Chaniago menegur Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin dalam rapat kerja antara DPR dan Kemenkes membahas perkembangan peninjauan manfaat jaminan kesehatan. Dalam rapat itu, Irma menegur Menkes Budi Gunadi Sadikin, yang dinilai tak menghargai anggota saat berbicara.

Awalnya, Irma diberi kesempatan oleh pimpinan Komisi IX DPR untuk menanggapi pemaparan dari Menkes Budi Gunadi Sadikin, Direktur Utama BPJS Prof Ali Ghufron Mukti, serta perwakilan Dewan Jaminan Sosial Nasional (DJSN).

Saat hendak menyampaikan tanggapannya, Irma menilai Menkes Budi sibuk di tempat duduknya. Lantas dia menegur Menkes agar melihat wajahnya saat dia berbicara.

"Mohon maaf, Pak Menteri, tolong lihat, Pak Menteri, saya lagi bertanya sama Anda. Bisa nggak Bapak berhenti di situ dulu, lihat ke kita, karena kita lagi bicara dengan Bapak. Mohon maaf, Pak," kata Irma kepada Menkes Budi Gunadi Sadikin di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (25/1/2022).

Politikus NasDem itu menyebut merasa tak dihargai oleh Menkes jika tak dilihat secara langsung kala sedang berbicara. "Saya merasa nggak Bapak hargai kalau Bapak nggak lihat saya ketika saya bicara," kata dia.

Irma kemudian menyampaikan pertanyaannya terkait pengendalian pelayanan kesehatan kepada Menkes. Menurutnya, Kemenkes perlu berkolaborasi dengan BPJS Kesehatan serta DJSN terkait hal itu.

"Terkait dengan pengendalian layanan yang Bapak sampaikan, saya ingin bertanya, seperti apa pengendalian pelayanan itu, terjemahannya seperti apa. Kemudian bagaimana cara Bapak melakukannya, mengingat semua yang dibicarakan hari ini ada kaitannya, dari DJSN-nya, kemudian BPJS Kesehatan-nya. Artinya, tiga institusi ini harus duduk bersama," kata Irma.

Namun, menurut Irma, Menkes terlihat sibuk sendiri saat Dirut BPJS Kesehatan dan perwakilan DJSN sedang menyampaikan pemaparan dalam rapat kerja itu. Dia kembali menegur Menkes atas hal tersebut.

"Saya tadi lihat DJSN bicara, Pak menteri sibuk sendiri. Ketika BPJS bicara, Pak Menteri pun sibuk sendiri. Nah, saya pengin tanya, Pak Menteri tahu nggak, sih, apa yang disampaikan oleh Direktur BPJS tadi atau DJSN tadi, gitu. Karena ini penting," ujar Irma.

Di akhir tanggapannya, Irma kembali mengingatkan Menkes Budi untuk melihat wajah yang sedang berbicara saat rapat berlangsung.

"Sekali lagi, saya ingin mengingatkan Pak Menteri Kesehatan. Kalau kawan-kawan ini bicara, tolong dilihat mukanya agar kami merasa dihargai dan dihormati. Karena hampir semuanya teman-teman mengatakan kepada saya, kalau ngomong dengan Menkes itu Pak Menkes nggak pernah ngelihat muka kita," kata Irma.

"Nah, saya terus terang tergelitik, ya, dan saya lihatin dari tadi, ternyata betul, gitu, ya. Saya nggak tahu apakah Pak Menkes ini sibuk apa, tapi sebaiknya ke depan kalau teman-teman Komisi IX bicara, tolong dilihat wajahnya, dilihat dan dihargai, gitu, ya, sehingga kami merasa kemitraan ini punya kehormatan," lanjutnya.

(fca/gbr)