Video 20Detik

Luhut Minta Faisal Basri Ungkap Data Tudingan Lubang Tambang di IKN

20Detik - detikNews
Selasa, 25 Jan 2022 14:14 WIB
Jakarta -

Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan melalui juru bicaranya, Jodi Mahardi, meminta ekonom Faisal Basri membuka data tudingan lubang tambang dekat lokasi Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur. Faisal juga diminta memberi penjelasan kepada publik bahwa data yang disampaikan tidak kredibel.

"Sampai sekarang kita masih menunggu konfirmasi dari Pak Faisal Basri mengenai informasi beliau bekas tambang Pak Luhut, lubang tambang Pak Luhut, kami mohon jika beliau punya datanya segera menyampaikan supaya kalau informasi betul Pak Luhut segera memerintahkan perusahaannya untuk segera menyelesaikan pertanggungjawabannya, tapi kami harap kalau pernyataan itu salah data tidak akurat atau data tidak kredibel, mohon dijelaskan ke publik," kata Jodi.

Sebelumnya, Faisal Basri mengkritik pembangunan ibu kota baru di Kaltim. Ekonom itu menyinggung sejumlah sosok yang terlibat dalam proyek besar tersebut.

Tak sampai di situ, nama Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan tak ketinggalan.

"Kemudian ada lagi lubang-lubang bekas ditinggalkan oleh perusahaan Luhut Pandjaitan, dianggap sudah tidak ada tuh. Harusnya kan diaudit dulu kerusakan lingkungannya berapa. Nah, ini jadinya ada pembersihan dari dosa-dosa masa lalu juga," ujar Faisal.

(aro/aro)