Jenderal Dudung Lantik Mayjen Maruli Mantu Luhut Jadi Pangkostrad 31 Januari

Anggi Muliawati - detikNews
Selasa, 25 Jan 2022 12:53 WIB
Jakarta -

KSAD Jenderal Dudung Abdurachman akan melantik Mayjen TNI Maruli Simanjuntak sebagai Pangkostrad pada 31 Januari mendatang. Pelantikan menantu Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan itu berbarengan dengan lima pangdam lainnya.

"Pangkostrad dilantik bersama Pangdam Udayana hari Senin tanggal 31 (Januari)," kata Dudung setelah memimpin apel gelaran pasukan TNI AD wilayah Jabodetabek di Lapangan Monas, Jakarta Pusat, Selasa (25/1/2022).

Seperti diketahui, Mayjen Maruli Simanjuntak, yang menjabat Pangdam IX/Udayana, akan meneruskan tongkat komando Dudung, yang sebelumnya merupakan Pangkostrad.

Kemudian, lima pangdam baru yang akan menjalani pelantikan adalah Mayjen Sonny Aprianto yang sebelumnya menjabat Deputi III Bidang Kontra Intelijen Badan Intelijen Negara menjadi Pangdam IX/Udayana. Sonny akan menggantikan Mayjen Maruli Simanjuntak.

Lalu, Mayjen Gabriel Lema yang sebelumnya menjabat sebagai Inspektur Komando Pembina Doktrin, Pendidikan dan Latihan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (Kodiklatad) akan menjadi Pangdam XVIII/Kasuari. Sebelumnya posisi tersebut dijabat oleh Mayjen I Nyoman Cantiasa, dan kini akan menjabat sebagai Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertanahan III (Pangkogabwilhan III).

Lalu, Mayjen Ignatius Yogo Triyono akan menjadi Komando Kodiklatad, sebelumnya menjabat sebagai Pangdam XVII/Cenderawasih. Jabatan tersebut selanjutnya akan dijabat oleh Mayjen Teguh Muji Angkasa.

Selanjutnya, Panglima Divisi Infanteri (Pangdivif) 2/Kostrad Mayjen Andi Muhammad akan menjadi Pangdam XIV/Hasanuddin. Dan terakhir Mayjen Kunto Arief Wibowo yang sebelumnya menjabat sebagai Pangdivif 3 Kostrad akan menjadi Pangdam III/Siliwangi.

(lir/lir)