Video 20Detik

Pemerintah Tak Lirik Lockdown Karena Omicron Masih Terkendali

dtv - detikNews
Selasa, 25 Jan 2022 06:59 WIB
Jakarta -

Pemerintah mengatakan bahwa varian Omicron di Indonesia terus meningkat. Meski begitu, pemerintah mengaku belum kepikiran menerapkan PPKM darurat atau lockdown.

Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan menyampaikan perkembangan Covid-19 dalam satu minggu terakhir yang terus meningkat, khususnya varian Omicron. Namun Luhut memastikan bahwa Omicron masih terkendali.

"Meskipun kasus meningkat pemerintah tetap dalam kendali penuh menghadapi varian Omicron. Peningkatan kasus relatif terkendali, jumlah kasus konfirmasi dan aktif harian masih lebih rendah, lebih dari 90% jika dibandingkan dengan kasus puncak Delta," ucap Luhut dalam jumpa pers virtual, Senin (24/1/2022).

"Namun sekali lagi kita tidak perlu jemawa, tetapi kita tetap harus disiplin, kata kunci kita adalah disiplin. Sejak varian Omicron ditemukan satu bulan yang lalu di Indonesia, hari ini belum ditemukan tanda-tanda kenaikan kasus yang cukup eksponensial seperti yang terjadi di berbagai negara dunia," jelas Luhut.

Menghadapi lonjakan kasus Corona, Luhut menyebut sistem PPKM level masih diterapkan. Meski begitu, pemerintah belum melirik penerapan PPKM darurat atau lockdown.

"Pemerintah hari ini menegaskan akan terus menggunakan asesmen level sebagai basis pengetatan masyarakat. Sampai saat ini pemerintah belum berpikir untuk memberlakukan PPKM darurat, PPKM darurat lagi, atau memberlakukan lockdown," kata Luhut.

(gra/gra)