Peralihan Pelat Hitam ke Putih Tergantung Stok Material Setiap Daerah

Mulia Budi - detikNews
Selasa, 25 Jan 2022 02:20 WIB
Pelat Nomor Warna Dasar Putih
Ilustrasi (Foto: Istimewa)
Jakarta -

Pelat dasar kendaraan hitam tulisan putih akan diganti menjadi pelat dasar putih tulisan hitam. Polri menyebut peralihan dilakukan jika stok material lama sudah habis terpakai.

"Setelah materialnya ada di tahun 2022 ini otomatis pelat putih itu sebenarnya bisa kita gunakan, nah hanya saja untuk tahapannya kita habiskan dulu material yang lama, setelah material yang lama habis baru kita mulai menggunakan material yang baru," ujar Kasubdit STNK Korlantas Polri Kombes Taslim Chairuddin, saat dihubungi, Senin (24/1/2022).

Taslim menyebut perubahan tanda nomor kendaraan bermotor (TNKB) hanya pada warna dasar pelat. Sementara bentuk serta ukuran pelat sebut Taslim masih sama.

"Kenapa material yang lama harus dihabiskan karena material yang lama itu diadakan oleh negara menggunakan uang negara, harus dipertanggungjawabkan di situ ada nilai PNPB-nya atau nilai penerimaan negara bukan pajak," ucapnya.

Taslim mengatakan perubahan pelat hitam ke putih dilakukan tahun ini. Namun, pelaksanaan di setiap daerah akan berbeda. Hal itu bergantung pada ketersediaan stok material pelat lama.

"Ya pada dasarnya serentak cuma yang jadi persoalan kan boleh jadi material yang lama di Metro Jaya atau DKI sudah habis di Jawa Timur masih ada, otomatis di Jakarta sudah mulai menggunakan material baru sementara di Jawa Timur belum itu bukan mau-mau nya kita, bergantung situasinya," katanya.

"Tergantung kebutuhan di daerah masing-masing dan ketersediaan sisa stok material, kalau stok sisa materialnya sudah habis otomatis mulai menggunakan material baru," tambahnya.

Lebih lanjut, Taslim menjelaskan cepat habisnya material lama juga ditentukan oleh kemampuan beli masyarakat. Dia tidak bisa memastikan kapan stok material setiap daerah akan habis.

"Kalau masyarakatnya banyak membeli kendaraan kan otomatis kebutuhan TNKB-nya banyak cepat habis, karena cepat habis ya cepat menggunakan material baru," kata Taslim.

"Kalau daya beli masyarakat rendah ya otomatis yang beli kendaraan sedikit material lama ya lama juga habisnya, jadi kalau ditanya kapan akan dimulai ya sulit saya tentukan," jelasnya.

Seperti diketahui, pelat dasar kendaraan berwarna hitam tulisan putih akan diubah menjadi pelat dasar putih tulisan hitam mulai Januari 2022. Polri menyebut peralihan itu untuk mendukung metode tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE).

"Pelaksanaannya akan dilakukan secara bertahap mulai bulan Januari 2022 ini bertujuan untuk mendukung pelaksanaan efektifitas ETLE, Electronic Traffic Law Enforcement dengan alasan pelat dasar putih tulisan hitam itu lebih gampang terbaca oleh kamera, lebih efektif dalam penerapan ETLE tersebut," ujar Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Ahmad Ramadhan kepada wartawan, Senin (24/1/2022).

Simak Video 'Ini Alasan Pelat Nomor Kendaraan Diganti Putih dan Pakai Chip':

[Gambas:Video 20detik]




(isa/isa)