Tifatul Sembiring PKS Bela Edy Mulyadi soal 'Jin Buang Anak'

Tim detikcom - detikNews
Senin, 24 Jan 2022 21:08 WIB
Ketua DPP PKS, Tifatul Sembiring
Politikus PKS, Tifatul Sembiring. (Lisye/detikcom)
Jakarta -

Edy Mulyadi dipolisikan sejumlah kelompok buntut ucapannya berkaitan dengan pernyataan Kalimantan sebagai tempat jin membuang anak. Namun, politikus PKS, Tifatul Sembiring, membela Edy Mulyadi dengan menyebut pernyataan Edy sebatas kiasan yang sering dipakai.

Menurut Tifatul, apa yang disampaikan Edy bukan sebuah penghinaan. Dia mengatakan kalimat 'jin buang anak' merupakan istilah yang berarti bahwa lokasi tersebut sangat jauh dan sepi.

"Nggak ada kalimat menghina, nggak ada, yang menghina yang mana?" ujar Tifatul seperti dilansir dari CNNIndonesia.com, Senin (24/1/2022).

Tifatul menjelaskan kalimat tersebut kerap dilontarkan masyarakat Jakarta sehari-hari untuk menunjukkan bahwa lokasi itu sangat jauh dari keramaian dan sepi. Menurutnya, istilah yang dilontarkan Edy juga sudah lekat dengan masyarakat Betawi.

"Saya lama di Jakarta dan bergaul dengan orang Jakarta dan Betawi. Jadi tempat jin buang anak saya tanya ke tokoh-tokoh Betawi, apa artinya tempat jin buang anak? Tempat sepi, jauh, seram, itu maknanya tiga itu, bukan tempat jorok," ujarnya.

"Saya kan tinggal Depok sekarang, dulu di Tanah Abang. Waktu saya pindah ke Depok kata temen-temen 'elu mau pindah ke tempat jin buang anak?' Jadi tidak ada konotasi penghinaan, terus apa lagi yang dipersoalkan. Beliau juga sudah kita imbau minta maaf dan sudah minta maaf," dia menambahkan.

Di sisi lain, Tifatul menilai kasus ini tak perlu lagi diproses di kepolisian. Menurutnya, dalam pernyataan Edy, tidak ada delik hukum yang dilanggar. Mantan Menteri Komunikasi dan Informatika itu juga menyebut pernyataan Edy juga tidak mengandung unsur SARA.

"Delik hukumnya juga nggak ada, pasal berapa yang dilanggar, SARA juga nggak ada. Memang tempatnya sepi dan keberadaan Monas diterbangin ke sana apa menghina itu? Nggaklah," jelasnya.

Simak video 'Minta Maaf, Edy Mulyadi Klarifikasi soal 'Tempat Jin Buang Anak'':

[Gambas:Video 20detik]



Simak selengkapnya di halaman selanjutnya: