Panglima TNI Bakal Maksimalkan Sistem Pertahanan di IKN: Tunggu Arahan

Firda Cynthia Anggrainy - detikNews
Senin, 24 Jan 2022 19:18 WIB
Marsekal Hadi Tjahjanto resmi menyerahkan jabatan Panglima TNI kepada Jenderal Andika Perkasa. Acara berlangsung dalam upacara sertijab di Mabes TNI, Jakarta Timur.
Foto: ANTARA FOTO/MUHAMMAD ADIMAJA
Jakarta -

Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa menyampaikan terkait proyeksi pertahanan di Ibu Kota Negara (IKN). Andika menyebut pihaknya masih menunggu arahan untuk memaksimalkan pertahanan di ibu kota baru.

"Tadi belum sempat terbahas (dalam rapat kerja bersama DPR). Tapi kan yang penting kita menunggu anggaran. Kalau tentang desain dan segala macam kan nanti juga diarahkan ke kami juga," kata Jenderal TNI Andika Perkasa kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (24/1/2022).

"Tapi kalau dalam hal siapa arsiteknya dan seterusnya itu kan ditangani langsung oleh panitia pusat. Jadi tidak membahas secara spesifik itu tadi," sambungnya.

Terkait pertahanan di IKN, dia mengatakan satuan TNI akan menyiapkan strategi yang memadai. Hingga kini, dia menyebut masih menunggu keputusan Pemerintah terkait kebutuhan pertahanan TNI di sana.

"Ya kalau sudah jadi keputusan kami pasti akan berusaha untuk menjabarkan dan memaksimalkan apa yang bisa dilakukan untuk memastikan ibu kota baru juga memiliki sistem pengamanan yang memadai," kata mantan KSAD itu.

Andika menambahkan pihaknya belum menerima permintaan bantuan terkait pertahanan dan keamanan di ibu kota baru sejauh ini.

"Sejauh ini saya belum dapat terima misalnya permintaan bantuan, tapi kalau ada kita pasti akan berusaha dukung semaksimal mungkin. Sejauh ini belum ada," lanjutnya.

(fca/maa)