17 Hakim-ASN Positif COVID, PN Depok Lockdown 5 Hari

Nahda Rizki Utami - detikNews
Senin, 24 Jan 2022 17:53 WIB
Kantor PN Depok
PN Depok (Matius Alfons/detikcom)
Depok -

Sebanyak 17 orang yang terdiri atas hakim dan pegawai Pengadilan Negeri (PN) Depok, Jawa Barat, positif COVID-19. Akibatnya, Pengadilan Negeri Depok ditutup sementara selama lima hari kerja.

Humas Pengadilan Negeri Depok, Ahmad Fadil, mengatakan ke-17 orang yang terdiri dari hakim dan pegawai itu diketahui positif Covid-19 setelah melakukan swab antigen di Pengadilan Negeri Depok, Senin (24/1/2022), pukul 11.00 WIB. Ke-17 orang itu saat ini sedang menjalani isolasi mandiri.

"Senin tanggal 24 Januari 2022 pukul 11.00 WIB telah dilakukan swab antigen untuk seluruh hakim, ASN, dan honor di PN Depok. Hasilnya diperoleh 17 orang yang positif. Saat ini 17 orang yang terpapar tersebut telah melakukan isolasi mandiri," kata Fadil dalam keterangannya, Senin, (24/1).

Fadil mengatakan Pengadilan Negeri Depok melakukan penundaan pelayanan dan aktivitas untuk memutus mata rantai COVID-19. Namun ada beberapa pelayanan yang masih buka.

Pelayanan dan aktivitas yang masih buka di antaranya Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP), upaya hukum perdata dan pidana, perpanjangan penahanan, penyitaan dan penggeledahan, penerimaan surat masuk, serta persidangan pidana atau anak yang akan habis masa penahanannya.

"Oleh karena itu, untuk memutus mata rantai COVID-19 di PN Depok, setelah melakukan koordinasi dengan Pengadilan Tinggi Bandung, maka akhirnya pimpinan PN Depok melakukan penundaan semua pelayanan dan aktivitas di Pengadilan Negeri Depok (lockdown)," ujar Fadil.

"Jenis pelayanan yang masih buka antara lain PTSP (jam layanan pukul 08.00 s/d 12.00 WIB), upaya hukum perdata dan pidana, perpanjangan penahanan, penyitaan dan penggeledahan, penerimaan surat masuk dan persidangan pidana atau anak yang akan habis masa penahanannya," sambungnya.

Lebih lanjut, Fadil menjelaskan, lockdown dilakukan selama lima hari kerja. Lockdown dimulai sejak Selasa (25/1) besok hingga Senin (31/1). Pengadilan Negeri Depok akan buka kembali pada Selasa (2/2).

"Pelaksanaan lockdown dimulai terhitung 5 hari kerja sejak tanggal 25 Januari 2022 sampai dengan tanggal 31 Januari 2022. Dengan harapan lingkungan PN Depok menjadi steril dari COVID-19. Pada tanggal 2 Februari 2022, pelayanan akan kembali normal," tutur Fadil.

(mae/mae)