Kapolri Jenderal Listyo Sigit Mencari Hoegeng Baru

Firda Cynthia Anggrainy - detikNews
Senin, 24 Jan 2022 14:40 WIB
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo (Dok. Istimewa)
Jakarta -

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mendorong personel-personel Polri mengabdi dengan tulus kepada masyarakat. Dorongan Jenderal Sigit tak hanya lewat kata-kata, Polri akan menggelar Hoegeng Award 2022 mencari sosok polisi inspiratif baru masa kini.

Perihal Hoegeng Award 2022 ini dijelaskan oleh Kapolri Jenderal Sigit saat Rapat Kerja Polri dengan Komisi III DPR RI, Senin (24/1/2022). Polri, kata Jenderal Sigit, menerima segala masukan dan kritik dari masyarakat.

"Hal yang terpenting adalah bagaimana Polri dapat mengelola dan merespons dengan cepat dan baik terhadap seluruh kritik dan masukan dari masyarakat. Anggota yang terbukti melakukan penyimpangan akan langsung dilakukan evaluasi. Kami akan menjawab segala kritik dan masukan masyarakat dengan perubahan ke arah yang lebih baik," kata Sigit.

Jenderal Sigit menyiapkan reward bagi personel Polri yang bekerja baik. Sementara personel yang bandel tetap akan dihukum tegas sesuai dengan aturan.

"Kepada anggota yang telah melakukan pengabdian di luar panggilan tugasnya dengan tulus tentunya akan diberikan reward. Kami berharap jumlah pemberian reward di tahun 2022 akan meningkat," ujar Jenderal Sigit.

"Tentunya pemberian reward ini dilakukan dengan menggunakan indikator yang terukur sesuai dengan proporsi tugasnya masing- masing sehingga dapat memotivasi anggota untuk terus berprestasi dan berbuat baik," sambung mantan Kabareskrim Pori.

Jenderal Sigit kemudian menjelaskan bahwa Polri akan menggelar Hoegeng Award 2022. Kegiatan penghargaan untuk personel yang bekerja dengan tulus dan serius itu diberi nama 'Mencari Hoegeng Baru'.

"Selain itu, kami akan menyelenggarakan kegiatan Hoegeng Award 2022 'Mencari Hoegeng Baru'. Kegiatan ini diharapkan dapat memacu semangat anggota di lapangan untuk senantiasa berbuat baik dan melakukan tugas pengabdian dengan tulus dan bersungguh-sungguh," imbuhnya.

Untuk diketahui, Jenderal (Purn) Hoegeng Imam Santoso merupakan Kapolri ke-5 yang dikenal sebagai polisi jujur dan berintegritas. Jenderal Hoegeng juga dikenal lewat humor Presiden RI ke-4 Abdurrahman Wahid alias Gus Dur, yakni 'Hanya ada tiga polisi jujur di Indonesia: Patung polisi, polisi tidur, dan Jenderal Hoegeng'.

Lihat juga video 'Arahan Kapolri Buntut #PercumaLaporPolisi':

[Gambas:Video 20detik]



(rfs/tor)