Sidang Terorisme Munarman

Respons Pengacara soal Saksi Sebut Ide Acara Baiat ISIS dari Ceramah HRS

Wilda Hayatun Nufus - detikNews
Senin, 24 Jan 2022 12:45 WIB
Sekum FPI Aziz Yanuar.
Pengacara Munarman, Aziz Yanuar (Adhyasta Dirgantara/detikcom)
Jakarta -

Saksi berinisial AM menyebut ide acara pembaiatan ISIS di Markas FPI di Makassar pada 24 Januari 2015 berasal dari instruksi ceramah Habib Rizieq Shihab (HRS). Kuasa hukum Munarman, Aziz Yanuar, menyebut akan memperlihatkan bukti video ceramah Habib Rizieq itu di persidangan nanti.

"Kita nanti akan juga, kita punya acara yang tahun 2014 Habib Rizieq ceramah itu nanti kita sampaikan juga," kata Aziz Yanuar seusai sidang di Pengadilan Negeri Jakarta Timur (PN Jaktim), Jalan Sumarno, Jakarta Timur, Senin (24/1/2022).

Aziz menyebut Habib Rizieq sudah sangat jelas menolak keberadaan ISIS. Dia meminta pihak-pihak untuk tidak sekadar membaca maklumat FPI, tapi juga memahami isinya. Dia pun kembali menegaskan akan menampilkan video Habib Rizieq agar terang benderang.

"Nah makanya tadi saya sampaikan kita lihat saja nanti videonya karena Habib Rizieq yang ada menolak ISIS begitu, dan dimaklumat itu, itulah kadang kecerdasan itu untuk memahami sesuatu kan gampang nomor 5 itu jelas Habib Rizieq mendukung orang itu untuk berekonsiliasi yang pada perang-perang ini nih, kan baik kan, bukan mendukung ISIS-nya," kata Aziz.

"Kan FPI DPP mendukung untuk rekonsiliasi jangan ribut-ribut, kok diartikan mendukung ISIS kan ini entah orangnya tidak ngerti orang-orangnya atau memang ada yang mengarahkan ke situ," kata Aziz.

Sebelumnya, saksi inisial AM menceritakan awal mula ide acara pembaiatan ISIS di Markas FPI di Makassar pada 24 Januari 2015. Saksi menyebut ide itu muncul dari instruksi ceramah Habib Rizieq Syihab.

Hal itu disampaikan saksi AM di persidangan yang digelar tertutup di Pengadilan Negeri Jakarta Timur (PN Jaktim), Jalan Sumarno, Jakarta Timur, hari ini. Saksi AM dihadirkan JPU dalam persidangan dengan terdakwa kasus terorisme, Munarman.

Pernyataan saksi itu bermula saat jaksa penuntut umum (JPU) mencecar saksi AM perihal apa yang mendasari adanya ide pembaiatan ISIS tersebut. Saksi menyebut ide itu datang dari instruksi ceramah Habib Rizieq Syihab terkait ISIS.

"Kemudian apa yang mendasari FPI Makassar mengadakan seminar tersebut?" kata hakim.

"Jadi begini Yang Mulia, karena asbabnya, sebelumnya, kami adakan seminar tersebut miladnya FPI yang ke 17 Agustus 2014 kami hadir. Di situ di isi ceramah oleh imam besar kami Habib Rizieq, tentang waktu itu tentang, tentang, ISIS Yang Mulia, tentang ISIS. Jadi beliau sampaikan bahwa ISIS lahir karena kezaliman pemerintah, jadi intinya kalau memang pemerintah solid FPI, kita hitamkan, kita hitamkan," jawab saksi.

"Jadi kami dari laskar Makassar, karena beliau sebagai imam besar kami, kami mengikuti dari instruksi beliau dari ceramah tersebut Yang Mulia," imbuhnya.

Saksi membenarkan acara di Markas FPI Makassar itu berdasarkan keputusan hasil harlah FPI. Hal itu kata saksi, sesuai dengan petunjuk Imam Besar Habib Rizieq.

"Saksi menyebutkan bahwa ide atau dasar yang dijadikan dasar FPI Makassar melakukan mengadakan seminar itu adalah dari hasil harlah FPI ya?" tanya jaksa.

"Iya Yang Mulia," jawab saksi.

"Sesuai dengan petunjuk ketua umum FPI?" tanya jaksa.

"Iya Yang Mulia," kata saksi.

"Siapa itu?" tanya jaksa.

"Imam besar Yang Mulia, imam besar beliau, Habib Rizieq Yang Mulia," kata saksi.

Simak Video 'Saksi Sidang Munarman Ungkap Ide Awal Acara Baiat ISIS di Makasar':

[Gambas:Video 20detik]



(whn/mae)