Ditegur Jokowi soal Jalan, Gubsu Tuding Warga Karo Akan Ngadu ke Amerika

Ahmad Arfah Fansuri Lubis - detikNews
Senin, 24 Jan 2022 12:08 WIB
Gubernur Sumut (Gubsu) Edy Rahmayadi
Foto: Gubernur Sumut Edy Rahmayadi. (Arfah/detikcom)
Medan -

Gubernur Sumut (Gubsu) Edy Rahmayadi mengaku ditegur oleh Pemerintah Pusat. Teguran itu karena warga di Karo mendatangi Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan membawa jeruk untuk meminta perbaikan jalan.

"Bapak-bapak sekalian, saya barusan ditegur dari Jakarta. Janganlah hanya untuk membangun jalan saja, rakyat saya harus membawa jeruk ke Istana," kata Edy di Medan, Senin (24/1/2022).

Edy menyampaikan itu saat kunjungan anggota badan legislasi DPR di rumah dinas Gubsu. Edy mengatakan, jalan rusak di Karo itu terjadi karena dana pemerintah kabupaten untuk memperbaiki tidak cukup.

"Bapak-bapak sekalian, sebenarnya terjadi sesuatu itu kan karena ada sebab akibat. 38 km jalan yang harus dibangun jalan itu oleh ibu bupati. Karena bertahun-tahun tidak bisa dibangun, yang memakai itu kan perkebunan, sehingga tidak sanggup itu bupati membangun," tuturnya.

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi saat Menjamu Anggota Badan Legislasi DPR di Rumah Dinas GubsuFoto: Gubernur Sumut Edy Rahmayadi saat Menjamu Anggota Badan Legislasi DPR di Rumah Dinas Gubsu. (Ahmad Arfah-detikcom)

Edy mengatakan warga itu datang ke Jokowi setelah meminta perbaikan jalan ke Pemkab Karo dan Pemprov Sumut. Jika keinginan warga itu tak dipenuhi Jokowi, kata Edy, mungkin warga itu datang ke Amerika.

"Akhirnya rakyatnya datang ke kabupaten, datang ke provinsi, tak bisa diatasi, dia berangkat ke Jakarta. Mungkin kalau ke Jakarta tak di dengar, mungkin datang ke Amerika mereka," jelasnya.

Bukan hanya tentang perbaikan jalan, Edy menyebut warga asal Sumut juga mendatangi Jokowi soal lahan eks HGU. Saat itu warga berjalan kaki ke Jakarta untuk mengadukan nasib ke Presiden.

"Seperti juga kemarin mereka jalan, minta eks HGU disahkan," jelasnya.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.

Saksikan juga 'Jokowi Terima Satu Truk Jeruk Warga Karo: Nanti Saya Bagi ke Menteri PUPR':

[Gambas:Video 20detik]