ADVERTISEMENT

Komisi II DPR-Mendagri Akan Rapat Bahas Jadwal Pemilu 2024 Hari Ini

Eva Safitri - detikNews
Senin, 24 Jan 2022 11:07 WIB
Politikus PKB, Luqman Hakim (Dok. Istimewa)
Politikus PKB, Luqman Hakim (Dok. Istimewa)
Jakarta -

Komisi II DPR akan menggelar rapat bersama Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Bawaslu dan KPU. Wakil Ketua Komisi II Luqman Hakim berharap ada penetapan jadwal pemilu hari ini.

"Mohon doanya, semoga di dalam Raker Komisi II dengan KPU, Kemendagri dan Bawaslu hari ini, dapat ditetapkan tahapan dan jadwal Pemilu 2024, termasuk tanggal pemungutan suara Pemilu 2024," kata Luqman kepada wartawan, Senin (24/1/2022).

"Insyaallah, dengan semangat melaksanakan perintah konstitusi, terutama amanat bahwa pemilu harus dilaksanakan setiap lima tahun, maka Komisi II, KPU dan pemerintah akan berusaha keras untuk mencapai kesepakatan bulat mengenai tahapan dan jadwal Pemilu 2024 dalam raker hari ini," ujar Luqman.

Politisi PKB ini mengatakan penetapan jadwal Pemilu 2024 harus ditetapkan sesegera mungkin agar tahapan pemilu dapat mulai berjalan sehingga penyelenggara pemilu dapat mempersiapkan tahapan-tahapan secara matang.

"Tahapan dan jadwal Pemilu 2024 sangat penting untuk segera ditetapkan, agar kita semua, dapat menyiapkan secara matang Pemilu 2024," ujar Luqman.

Lebih lanjut Luqman mengatakan kepastian jadwal pemilu akan berdampak positif untuk upaya pemulihan nasional sehingga tak muncul spekulasi.

"Menurut saya, kepastian mengenai penyelenggaraan pemilu 2024 juga akan berdampak positif bagi upaya pemulihan ekonomi nasional akibat pandemi COVID-19. Pelaku usaha dan dunia investasi butuh kepastian politik akibat selama ini berkembang isu dan spekulasi adanya pihak-pihak yang ingin menggagalkan Pemilu 2024," ujarnya.

Simak juga 'Daftar Nama Komisioner KPU-Anggota Bawaslu yang Diajukan ke Jokowi':

[Gambas:Video 20detik]

(eva/gbr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT