TB Hasanuddin: Rekam Jejak-Prestasi Mayjen Maruli Penuhi Syarat Pangkostrad

Dwi Andayani - detikNews
Minggu, 23 Jan 2022 19:54 WIB
TB Hasanuddin (Firda Cynthia Anggrainy/detikcom).
Foto: TB Hasanuddin (Firda Cynthia Anggrainy/detikcom).
Jakarta -

Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa menunjuk Mayjen Maruli Simanjuntak sebagai Pangkostrad. Anggota Komisi I DPR RI Mayjen TNI (purn) TB Hasanuddin menilai penunjukan tersebut telah melalui pertimbangan matang.

TB Hasanuddin mengatakan mutasi dan promosi seorang perwira tinggi di TNI telah melalui proses panjang lewat Dewan Kepangkatan dan Jabatan Tinggi (Wanjakti). Sehingga menurutnya tidak perlu ada lagi pertanyaan.

"Tentu seseorang yang dipromosikan sudah memenuhi persyaratan, baik dari rekam jejaknya, prestasi maupun pengalaman. Sehingga kita tidak perlu mempertanyakan yang aneh-aneh," kata TB Hasanuddin kepada wartawan, Minggu (23/1/2022).

TB Hasanuddin menilai TNI memiliki mekanisme tersendiri soal penunjukkan sosok tepat untuk menjadi Pangkostrad. Oleh sebab itu, ia mengimbau agar persoalan ini diserahkan kepada pimpinan TNI.

Selain itu TB Hasanuddin juga mengucapkan selamat kepada para perwira tinggi yang saat ini mendapatkan promosi jabatan.

"Saya pribadi mengucapkan selamat kepada perwira tinggi yang mendapatkan promosi. Semoga amanah," imbuhnya.

Seperti diketahui, penunjukan Mayjen Maruli sebagai Pangkostrad berdasarkan surat keputusan yang ditandatangani Jenderal Andika Perkasa Jumat (21/1) kemarin.

Keputusan itu tertuang dalam Surat Keputusan Jabatan 328 Perwira Tinggi TNI melalui Keputusan nomor 66/I/2022 tanggal 21 Januari 2022 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan TNI. Surat ditandatangani oleh Jenderal Andika.

"Pangkostrad (dijabat oleh Mayjen TNI Maruli Simanjuntak)," kata Kepala Pusat Penerangan TNI Mayor Jenderal TNI Prantara Santosa dalam keterangan yang diterima detikcom, Sabtu (22/1).

Simak Video 'Profil Mayjen Maruli Simanjuntak, Menantu Luhut yang Ditunjuk Jadi Pangkostrad':

[Gambas:Video 20detik]



(dwia/imk)