Ganjar Tak Hadiri Acara Puan, PDIP Dinilai Buat 3 Strategi Sosok Capres

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Sabtu, 22 Jan 2022 19:42 WIB
Hendri Satrio
Hendri Satrio atau Hensat (istimewa)
Jakarta -

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, tak hadir saat Ketua DPR RI, Puan Maharani, meresmikan Pasar Legi Solo. PDIP dinilai sedang memainkan tiga strategi terkait capres 2024.

Pendiri lembaga survei KedaiKOPI, Hendri Satrio, menilai Ganjar muncul dalam acara tokoh PDIP merupakan hal yang biasa. Kini Ganjar tak hadir pun dinilai bukan kejutan, mengapa?

"Ganjar Pranowo tidak lagi hadir di acara PDIP ini merupakan hal yang tidak lagi sebuah kejutan. Jadi kalau dulu-dulu Ganjar Pranowo sebagai Gubernur Jawa Tengah hadir di acara di Jawa Tengah itu kan hal biasa, tapi kalau sekarang beliau tidak hadir ini juga merupakan hal yang biasa, sebuah fenomena yang baru dimunculkan oleh PDIP," kata Hendri Satrio atau Hensat kepada wartawan, Sabtu (22/1/2022).

Hensat menilai tak hadirnya Ganjar saat Puan mengadakan acara di Jateng memainkan tiga strategi. Ketiganya menyangkut strategi memunculkan nama capres 2024 dari PDIP.

"Saya menduga ada tiga strategi yang sedang dimainkan PDIP, yang pertama, memang mendorong Puan Maharani semaksimal mungkin, sebagai calon presiden dari PDIP," ujar Hensat.

"Kemudian, yang kedua, berusaha memberikan kesempatan kepada kader terbaik PDIP yang lainnya untuk muncul sebagai calon presiden juga, asal bukan Ganjar. Kemudian yang ketiga, memang save the best for last, memang disiapkan Ganjar untuk terakhir-akhir maju di final kompetisi," sambungnya.

Menurut Hensat, tak menutup kemungkinan nantinya Ganjar menghadiri acara PDIP. Kemunculan itu, kata Hensat, justru menjadi kejutan.

"Jadi mungkin saja hal-hal yang bukan lagi kejutan jadi kejutan nanti. Apa itu? Ganjar nanti tiba-tiba bisa saja muncul di acara PDIP. Ya selamat lah, mudah-mudahan sukses strategi PDIP, sukses juga strategi Mas Ganjar Pranowo, sukses juga strategi Mbak Puan Maharani," imbuhnya.

Simak selengkapnya, di halaman selanjutnya: