Polantas Diacungi Jari Tengah Pemotor Wanita Tak Berhelm Diberi Penghargaan

Marteen Ronaldo Pakpahan - detikNews
Sabtu, 22 Jan 2022 17:27 WIB
Polantas sabar diacungkan jari tengah oleh pemotor tak berhelm di Jaktim diganjar penghargaan
Polantas sabar saat diacungi pemotor tak berhelm di Jaktim diganjar penghargaan. (Foto: dok. istimewa)
Jakarta -

Sikap anggota Polisi Lalu Lintas (Polantas) AKP Gede Oka Sukamto yang tidak terpancing emosi saat diacungi jari tengah oleh pengendara motor perempuan yang tidak menggunakan helm di daerah Pasar Rebo, Jakarta Timur, mendapatkan apresiasi. Ditlantas Polda Metro Jaya hari ini mengganjar AKP Gede Oka dengan penghargaan.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo menyerahkan langsung penghargaan itu kepada AKP Gede Oka. Dia menyebut penghargaan ini rutin diberikannya kepada anggota yang berprestasi atau menjadi pengayom di masyarakat.

"Sering itu (penghargaan), hampir tiap minggu itu ada pemberian penghargaan bagi yang berprestasi dan yang menolong masyarakat," katanya saat dihubungi oleh detikcom, Sabtu (22/1/2022).

Menurut Sambodo, pemberian sanksi dan teguran di satuan yang dipimpinnya bersifat objektif. Artinya, tiap perilaku anggotanya yang bersifat baik dan buruk akan diberi ganjaran yang sesuai.

"Itu semua bagian dari reward and punishment yang ada," terangnya.

Selain itu, pihak kepolisian tidak memberikan sanksi lebih lanjut kepada pemotor wanita yang mengacungkan jari tengah kepada polisi saat ditegur tidak menggunakan helm. Menurutnya, pemotor perempuan itu telah menerima sanksi sosial.

"Untuk sanksi tidak ada, dia sudah mendapatkan sanksi sosial," jelasnya.

Lebih lanjut Sambodo berpesan kepada anggotanya untuk tetap bersikap humanis saat bertugas. Dia meminta anggotanya untuk santun namun tetap tegas.

"Pesannya agar tetap humanis, santun, tetapi tetap tegas," ujar Sambodo.

Sebelumnya, viral di media sosial aksi seorang pengendara motor wanita yang mengacungkan jari tengahnya ke arah polisi. Diduga wanita itu awalnya dinasihati supaya memakai helm di sebuah persimpangan jalan di Jakarta.

Peristiwa tersebut terjadi di Pasar Rebo, Jakarta Timur, Senin (17/1), pukul 11.00 WIB. Aksi si pengendara motor perempuan mengacungkan jari tengah terekam video amatir pengendara mobil yang berada di belakangnya.

"Saat itu dari arah Kampung Rambutan, di lampu merah, wanita ini dengan santainya mengendarai sepeda motor tidak menggunakan helm. Saya sedang mengatasi kemacetan lalu lintas saat itu," kata Kanit Lantas Polsek Pasar Rebo AKP Gede Oka Sukamto seperti dilansir Antara, Senin (17/1).

Simak Video: Terungkap Identitas Pemotor Wanita yang Acungkan Jari Tengah ke Polisi

[Gambas:Video 20detik]



(ygs/ygs)