Pria Pengangguran Ngaku Anggota TNI Ditangkap di Jaktim!

Yogi Ernes - detikNews
Sabtu, 22 Jan 2022 10:39 WIB
Anggota TNI Gadungan Ditangkap di Jakarta Timur
Anggota TNI gadungan ditangkap di Jakarta Timur (Foto: dok. istimewa)
Jakarta -

Seorang pria bernama Agus Haryanto (46) diamankan pihak kepolisian di daerah Jatinegara, Jakarta Timur. Pasalnya, pelaku mengaku sebagai anggota TNI.

"Iya betul, sudah kita amankan dan dibawa ke Kodam," kata Kapolsek Jatinegara Kompol Yusuf Suhadma saat dihubungi, Sabtu (22/1/2022).

Kasus itu terungkap dari kecurigaan warga saat Agus kerap berkunjung ke salah satu rumah perempuan yang telah berstatus janda di daerah Jatinegara, Jakarta Timur. Agus mengatakan perempuan itu merupakan kekasihnya yang akan segera dinikahinya.

Warga yang curiga kemudian menghampiri Agus saat berkunjung ke rumah kekasihnya itu. Saat itu, kepada warga, Agus mengaku sebagai anggota TNI.

"Dia ngakunya anggota. Karena warga curiga, terus dibawa ke Polsek Jatinegara. Waktu kita periksa, ternyata KTA (kartu tanda anggota) miliknya palsu. Terus kita hubungi orang Kodam akhirnya," jelas Yusuf.

Hasil pemeriksaan dari pihak Kodam diketahui Agus merupakan pengangguran. Seragam dan kartu anggotanya itu dibuat atas inisiatifnya sendiri.

"Iya, itu semuanya palsu dari KTA sama yang lain. Dia kerjaannya nggak ada, kerjaan tetap soalnya," katanya.

Yusuf mengatakan sejauh ini pihaknya tidak memberikan sanksi hukum kepada korban. Pasalnya, belum ada warga yang menjadi korban penipuan pelaku.

"Karena tidak ada unsur pidananya, jadi kita kembalikan. Kita minta buat surat pernyataan si pelaku ini," pungkas Yusuf.

Lihat juga Video: Ini Tampang Penusuk Anggota TNI di Waduk Pluit

[Gambas:Video 20detik]




(ygs/hri)