Ngeri Kecelakaan Balikpapan dan Soal Sopir Tak Banting Setir ke Kiri

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 22 Jan 2022 08:00 WIB
Balikpapan -

Detik-detik mengerikan kecelakaan Balikpapan yang menunjukkan truk tronton bermuatan kontainer seberat 20 ton menyeruduk sejumlah kendaraan di depannya seketika viral di media sosial. Muncul pertanyaan, mengapa M Ali (47) selaku sopir tidak banting setir ke kiri mengarahkan truknya ke taman dan malah terus berjalan lurus tempat kendaraan antre.

Dalam video rekaman CCTV di lokasi kejadian, di Simpang Rapak, Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim), Sabtu (22/1/2022), terlihat jelas truk maut yang dikendarai tersangka M Ali berada di lajur kiri dan depannya tampak lebih sedikit kendaraan. Jika lebih ke kiri lagi, terlihat area yang cukup kosong dan ada taman.

Saat hilang kendali, alih-alih truk maut itu tetap melaju di lajur kiri, truk tronton justru berbelok ke kanan yang di depannya banyak motor dan mobil yang sedang menunggu lampu merah.

Menurut polisi, kejadian truk nahas itu meluncur dan mengalami rem blong di turunan Simpang Rapak terjadi begitu cepat dalam hitungan detik. Sopir diduga panik dan tidak bisa mengendalikan truknya untuk mengarah ke kiri.

"Faktor kepanikan turut berpengaruh di situ. Karena di video itu (kejadiannya) tak sampai 10 detik di situ," kata Kabid Humas Polda Kaltim Kombes Yusuf Sutejo kepada detikcom, Jumat (21/1/2022).

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.